Akademisi Purwakarta Nilai Bupati Dedi Angkat Budaya Sunda

Ilustrasi (foto: news.indonesiakreatif.net)
JATILUHURONLINE.id. Purwakarta – Akademisi Purwakarta Arief Mulyawan Thoriq, M.E.Sy menilai Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi  paham betul akan potensi daerah yang dipimpinnya. Hal tersebut salah satunya dapat dilihat dari bagaimana cara Bupati Dedi mengangkat potensi kebudayaan sunda kepermukaan.
Ia melihat kehebatan Bupati Dedi dalam mengangkat potensi kebudayaan sunda salah satunya lewat Festival Purwakarta Gianyar yang digelar belum lama ini.
Festival tersebut merupakan momentum besar dalam menunjukan nilai keluhuran yang sejajar antara kebudayaan sunda dan kebudayaan bali di ruang publik (public space). Sebagaimana diketahui kebudayaan Bali sudah melejit dikancah mancanegara.
“Ide yang cerdas dari bupati Purwakarta,” ujar Arief dalam diskusi dengan JABARNEWS.Com
Menurut dia, festival Purwakarta Gianyar mempertegas bahwasanya antara kebudayaan Sunda dan Bali memiliki ikatan sejarah yang kental.
Selain itu, dapat mengembalikan identitas daerah yang selama ini direduksi oleh hegemoni kebudayaan asing dalam konteks globalisasi.
“Ikatan sejarah itu, pada giliranya menciptakan spirit kuat dalam menginternalisasikan identitas suatu daerah kepada warga masyarakat. Pada intinya Bupati Dedi luar biasa hebat melihat segenap potensi,” pungkasnya. (JN)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close