Jokowi Masuk Daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia Versi TIME

Jokowi saat menjadi cover majalah TIME beberapa waktu lalu

Washington, Jatiluhuronline - Majalah ternama dunia TIME telah merilis daftar 100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia untuk tahun 2015. Menempati urutan atas ialah rapper kontroversial asal Amerika Serikat, Kanye West yang kemudian diikuti oleh Presiden AS Barack Obama dan Presiden Rusia Vladimir Putin.

"Kanye West akan menjadi orang pertama yang layak ada di dalam daftar," ucap SpaceXFounder Elon Musk yang mengomentari dan menulis profil Kanye West dalam daftar '100 Most Influential People in the World' seperti dilansir news.com.au, Jumat (17/4/2015).

"Pria ini tidak mempercayai sikap rendah hati yang penuh kepalsuan, dan tidak seharusnya dia percaya. Kanye hanya percaya pada dirinya sendiri dan kegigihannya yang luar biasa -- dia menampilkan single pertamanya dengan kondisi jaw wired shut -- yang membawanya ke posisinya saat ini," imbuhnya.

Kanye West merupakan salah satu dari lima tokoh paling berpengaruh dunia versi TIME yang wajahnya ditampilkan dalam cover. Keempat tokoh lainnya adalah aktor Bradley Cooper, hakim Mahkamah Agung Ruth Bader Ginsburg, penari balet Misty Copeland dan penyiar berita Univision Jorge Ramos.

Daftar 100 orang paling berpengaruh ini tidak disusun berdasarkan rankings, melainkan disusun berdasarkan kelompok yang terbagi dalam lima kategori yakni, Titans, Pioneers, Artists, Leaders dan Icons. Edisi khusus ini juga menampilkan para kontributor yang merupakan tokoh ternama yang memberikan komentar atau tulisan profil mengenai tokoh lainnya.

Contohnya seperti pendiri Virgin Group Richard Branson pada CEO AirAsia Tony Fernandes, kemudian Presiden Obama pada PM India Narendra Modi, Uskup Agung Desmond Tutu pada Paus Fransiskus, dan Hillary Clinton pada politikus AS Elizabeth Warren.

Untuk kategori Leaders, terdapat nama pemimpin dunia seperti Presiden Obama, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Kuba Raul Castro, serta Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Tidak mau ketinggalan, TIME juga memasukkan nama Presiden Jokowi dalam daftarnya
Dalam artikel TIME, Paul Wolfowitz yang merupakan mantan Presiden Bank Dunia dan juga mantan Duta Besar AS untuk Indonesia memberikan komentar soal profil Jokowi. "Indonesia’s anti-extremist," demikian judul yang diberikan Wolfowitz dalam artikel singkatnya soal Jokowi seperti dilansir dari situs majalah TIME.

"Sejak pemilu tahun lalu, Presiden Indonesia Joko Widodo telah membawa energi baru dan sentuhan popularitas ke negaranya yang luas dan beragam, yang merupakan negara paling padat populasi keempat di dunia dan rumah bagi populasi muslim terbesar dari negara manapun," sebutnya.

Wolfowitz kemudian sedikit menceritakan perjalanan karier Jokowi dari seorang pengusaha mebel hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian menjabat Presiden Indonesia.

"Saya secara khusus, sangat terkesan ketika dia melawan ekstremis muslim yang menentang penunjukan seorang wanita Kristen sebagai kepala distrik di Jakarta pada tahun 2013," tulis Wolfowitz merujuk pada penunjukan Lurah Lenteng Agung Susan Jasmine Zulkifli yang sempat memicu perdebatan.

"Komitmen terhadap keberagaman agama di Indonesia membuat kesuksesan Widodo tidak hanya penting bagi Indonesia, tapi juga bagi dunia yang memerlukan contoh demokrasi mayoritas muslim yang sukses," cetusnya. (detik)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close