Kemenag Gelar Kompetisi S1 ke Jepang untuk Madasah Aliyah

Kantor Kementrian Agama
JATILUHURONLINE.id - PENDIDIKAN, Kementerian Agama kembali mengafirmasi perluasan akses pendidikan bagi siswa lulusan Madrasah Aliyah (MA). Kali ini, Kemenag melalui Direktorat Pendidikan Madrasah akan menyelenggarakan kompetisi beasiswa jenjang sarjana di salah satu universitas terbaik di Jepang.

Pemberian beasiswa prestasi ini hasil kerjasama antara Kemenag dengan Institute for Indonesia’s Future Excelence, kata Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan seperti dikutip laman kemenag.go.id, Jumat (10/4).

M. Nur Kholis Setiawan menjelaska bahwa kompetisi beasiswa jenjang sarjana di Jepang ini diperuntukan bagi siswa-siswi Madrasah Aliyah (MA), baik negeri maupun swasta).

Kompetisi ini meliputi bidang sains dan ilmu sosial. Bagi siswa yang berhasil memenangkan kompetisi ini akan mendapat beasiswa biaya hidup (living cost scholarship) dari Kementerian Agama RI dan beasiswa uang kuliah (tuition fee scholarship) dari Universitas Jepang.

Selain sehat jasmani dan rohani, bebas narkoba, siswa MA yang akan mengikuti kompetisi ini harus memenuhi persyaratan akademik, seperti: nilai rata-rata UN Matematika, Fisika, Kimia, Biologi > 7,5 (Kelompok IPA) dan nilai rata-rata UN Matematika, Geografi, Ekonomi, Sosiologi> 8 (Kelompok IPS).

Selain itu, siswa MA yang akan ikut juga memiliki nilai minimal TOEFL IBT 80 atau TOEFL PBT 550 atau IELTS 6,0 dari lembaga penyelenggara International Test yang masih berlaku. Usianya juga tidak lebih dari 21 tahun pada tanggal 1 Oktober 2015 (lahir tidak lebih awal dari tanggal 1 Oktober 1994).

Untuk kelompok IPA, pilihan program studinya adalah Teknik Mesin dan Aerospace, Kimia Material/Molekular, serta Biologi Kelautan di Tohoku University. Selain itu juga dibuka peluang beasiswa di Nagoya University.

Sedangkan untuk kelompok IPS, pilihan program studinya: Social Sciences (International Relations & Peace Studies, Environment & Development, Culture-Society and Media) dan International Management (Accounting & Finance, Strategic Management & Organization, Innovation & Economics) di Ritsumeikan Asia Pacific University.

Pendaftaran kompetisi beasiswa prestasi ini dibuka mulai 30 Maret – 15 April 2015 dengan mengisi formulir pendaftaran online melalui website Kementerian Agama RI (www.kemenag.go.id atau www.madrasah.kemenag.go.id). Pengumuman nama peserta dan lokasi tes peserta akan disampaikan melalui website juga paling lambat tanggal 16 April 2015 pukul 17.00 WIB.

Proses seleksi akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama, ujian tertulis mata pelajaran Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Bahasa Inggris untuk kelompok IPA dan Matematika, IPS Terpadu (Geografi, Ekonomi, Sosiologi), Bahasa Inggris untuk kelompok IPA. Tempat seleksi tahap pertama di Jakarta, Malang, Padang, dan Makassar. Hasil seleksi tahap pertama akan diumumkan melalui website paling lambat tanggal 21 April 2015.

Seleksi Tahap Kedua dilakukan di Jakarta, berupa ujian tertulis Bahasa Inggris dan interview dengan Institute for Indonesia’s Future Excellence/Lembaga Nan Unggul Indonesia dan Kementerian Agama RI. Seleksi Tahap III juga di Jakarta, berupa Interview/ujian dengan universitas tujuan di Jepang. [antaranews/*]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close