8 Fakta Menarik dari Bulan

Gerhana Bulan Total yang terlihat dari Indonesia tampak kemerahan. Photo (rick)
JATILUHURONLINE.id - FENOMENA, Jika malam ini sedang cerah, maka kita, di Indonesia, akan melihat bulan yang bersinar terang, meski bukan bulan purnama (permukaan bulan yang terlihat hanya 88%). Nah, selain indah, ternyata ada beragam fakta menarik tentang bulan yang wajib diketahui.
Sehari penuh di bulan, mulai dari matahari terbit hingga matahari terbit berikutnya, berlangsung sekitar 29,5 hari Bumi.
  1. Sejak pendaratan Apollo17 pada 1972, tidak pernah ada lagi manusia yang menginjakkan kakinya di Bulan. Berarti sudah lebih dari 40 tahun Bulan tidak pernah “diinjak” langsung oleh kaki manusia.
  2. Bulan bergerak menjauh sekitar 3,78 cm (1,48 in) dari Bumi tiap tahunnya. Kondisi ini, menurut ilmuwan luar angkasa Dr Maggie Aderin-Pocock, dapat mempengaruhi Bumi, namun untungnya baru akan terasa setelah miliaran tahun. 
  3. Rekaman asli dari pendaratan Apollo 11 di bulan terhapus. NASA mengakui hal tersebut terjadi saat mereka menghapus kaset magnetik tua dan menggunakan kembali kaset-kaset tersebut untuk merekam data satelit.
  4. Ponsel yang kita gunakan saat ini memiliki kemampuan komputasi yang lebih canggih dibandingkan komputer yang digunakan untuk pendaratan pertama di Bulan yang dilakukan Apollo 11.
  5. Kita memerlukan waktu kurang dari 6 bulan untuk sampai ke Bulan jika menggunakan mobil dengan kecepatan 60mph (95km / jam).
  6. Simetri indah dari gerhana matahari total terjadi karena matahari tidak hanya berukuran 400 kali lebih besar dari bulan, tetapi juga 400 kali lebih jauh dari Bumi. Hal ini membuat bulan dan matahari muncul dengan ukuran yang sama persis di langit.
  7. Ketika Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di Bulan, mereka menghormati kosmonot Soviet Yuri Gagarin dengan meninggalkan satu medali mereka di permukaan bulan.
  8. Bentuk bulan tidaklah bulat sempurna, melainkan lonjong seperti bentuk telur.
Itulah beberapa fakta menarik tentang bulan yang wajib diketahui.
(Sumber: www.intisari-online.com)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close