Keramik Plered Purwakarta Tembus Pasar Internasional

Pengrajin keramik Plered Purwakarta


JATILUHURONLINE.id - PLERED, Keramik Plered atau keramik berbagai jenis hasil kerajinan warga sekitar Plered Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mampu menembus pasar internasional hingga Eropa.

"Untuk sekarang ini, permintaan luar negeri yang cukup tinggi dari Korea Selatan," kata Ketua Cluster Keramik Plered, Eman Sulaeman di Purwakarta, Sabtu (21/3).

Menurut dia, jenis keramik yang banyak diminta pasar internasional adalah keramik jenis pot atau vas bunga. Sedangkan untuk permintaannya disesuaikan dengan kemampuan produksi. Namu, rata-rata pengirimannya mencapai 5.000 buah.

Biasanya, pengiriman kerajinan bisa dilakukan dengan berbagai cara, yakni melalui trader atau langsung bertaruh harga dengan para pembeli. Menurut dia, selama ini para perajin keramik mengalami kendala dalam memenuhi permintaan ekspor. Diantaranya, banyak perajin yang belum memiliki nomor induk kepabeanan (NIK), sebagai syarat melakukan ekspor.

Saat ini, jumlah perajin keramik Plered mencapai lebih dari 221 perajin. "Perajin tidak selalu bertambah setiap tahun. Jumlahnya naik-turun," kata dia. [rol/*]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close