Tanggapan Wakil Rakyat, Seputar Pungutan Lain Disekolah


Rifky Fauzi, SH
JATILUHURONLINE.id - PURWAKARTA, Wakil ketua komisi I, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Purwakarta, Rifky Fauzi, SH, yang membidangi Pendidikan kepada Jatiluhuronline di ruang kerjanya Senin (11/05) menyatakan. Bahwa Sekolah di Purwakarta, ada yang mengeluarkan surat edaran iuran partisipasi. Baik itu untuk Ujian Kenaikan Sekolah, Perpisahan, Ziarah, Tour atau pembuatan Kaos. 

"Ini sah-sah saja kalau tidak memberatkan murid, orang tua atau wali murid. Namun pertanyaannya, apakah yakin mereka semua setuju atau sanggup dan mampu untuk itu, jika mereka mampu dan tidak keberatan tidak menjadi masalah." Ungkap Rifky

Menurutnya pula, menjaga jangan sampai timbul kesenjangan sosial penting di lakukan di kalangan masyarakat. Masih ada yang bingung menjawab untuk persoalan ini, dengan berbagai alasan masing-masing.

Disatu sisi yang penting proses pendidikan sekolah di utamakan, sisi lain anak-anak senang dengan berbagai perayaan, orang tua atau wali murid pasti senang termasuk pihak sekolah. Sedangkan keperluan dan kemampuan berbeda, semuanya harus diantisipasi jangan sampai timbul kurang nyaman karena kemampuan tidak sama antara keluarga murid satu dan lainnya.

Bagus bagi pihak yang bersyukur sudah lebih baik dengan mental yang baik pula, bagi mereka yang kurang mampu perlu kepedulian sesama untuk sama-sama menikmati hak dalam menjalankan kehidupan di dunia pendidikan.

"Dalam hal ini pihak sekolah harus mendidik dengan penyampaian yang baik arip bijaksana, jelas tidak menimbulkan praduga, baik untuk kalangan sekolah, orang tua/wali murid dan kalangan masyarakat, kejadian ini sudah mulai terdengar menjelang persiapan pelaksanaan Ujian Kenaikan Kelas (UKK) dan perpisahan kelas di sekolah," jelasnya panjang lebar. (LL/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close