Ribuan Buruh Purwakata Menuju GBK Jakarta

Gambar ilustrasi buruh
JTILUHURONLINE - PURWAKARTA - Ribuan buruh Purwakarta, Jawa Barat berangkat ke Jakarta untuk memperingati Hari Buruh sedunia atau May Day, pada Jumat (1/5/2015). Ribuan buruh ini berangkat ke Ibu Kota dengan menggunakan 43 bus.

Buruh dari sejumlah pabrik di Purwakarta yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) berangkat ke Jakarta. Mereka ingin merayakan Hari Buruh sedunia atau May Day di Gelora Bung Karno dan Istana Merdeka.

Sebelum berangkat, rombongan buruh ini menyiapkan atribut seperti bendera organisasi buruh. Selain itu, untuk garda metal dan pengurus organisasi melakukan rapat koordinasi sebelum berangkat.

“Para buruh purwakarta di hari May Day ini menuntut kenaikan UMK sebesar 32 persen dari upah sebelumnya Rp2.400.000 perbulan. Selain itu para buruh juga menuntut pemerintah menurunkan harga BBM dan sembako,” ungkap koordinator aksi buruh, Pramono.

Rombongan buruh yang mau ke Jakarta sebagian berangkat bersama di areal pabrik PT Sumi Indo di kawasan industri Kota Bukit Indah, Purwakarta. Sebagian lagi langsung berangkat dari masing-masing pabrik di kawasan industri yang sama. Meski berlangsung tertib keberangkatan rombongan buruh ini mendapat pengawalan ketat pihak kepolisian setempat. [okezone/*]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close