Tradisi Sunda, Masih Ada diBetawi

JATILUHURONLINE.id-TANGERANG SELATAN, Tradisi dan budaya daerah sunda masih mengakar dan menjadi tradisi sehari-hari kehidupan warga sekitar Serpong, yang kini menjelma menjadi sebuah kota mandiri dan sangat maju. Dibalik ramainya situasi kota mandiri dengan kawasan elitnya pemukiman wilayah tersebut, ada pemandangan yang cukup mencengangkan.

Dimana orang-orang yang mendiami kawasan tersebut, mayoritas menggunakan bahasa betawi dalam kehidupan sehari-hari. Mereka cukup akrab dan terbiasa menggunakan tradisi adat sunda, meski ditengah kehidupan kota yang berstatus metropolitan.
Seperti nampak terlihat pada perhajatan Deni Jamaludin (43) warga sekitar kawasan pinggiran Bumi Serpong Damai (BSD) City ini, acara sunat putra bungsunya. Walaupun tidak menggelar pesta mewah, namun segala sesuatunya menggunakan adat sunda. 
Iringan musik degung, dan hidangan masakan karedok beserta semur jengkol, dan berbagai macam penganan yang sengaja diadatangkan dari wilayah selatan Provinsi Jawa Barat. Sampai pada pagar ayu dan kabayan dapur, menggunakan atribut pakaian sunda.
Data dihimpun dilapangan, dan berdasarkan nara sumber yang ditanyai Jatiluhuronline, Sabtu (16/05) menyebutkan. Bahwa warga yang bermukim disekitar itu, mayoritas pendatang dari Tasikmalaya, Garut, Ciamis, dan Kuningan. Dimana awalnya mereka diam dan bermukim di Jakarta, kemudian bergeser ke wilayah tersebut. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close