Memasuki Musim Penghujan, Tanaman RPH Cicadas Raih Prestasi

(Lokasi Penanaman Pohon Jati Di Petak 9 RPH Cicadas)

Subang, Jatiluhuronline - Perum Perhutani Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cicadas, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cipeundeuy, meliputi teritorial Desa Cimayasari Kecamatan Cipeundeuy dan Desa Banggalamulya Kecamatan Kalijati. Musim tanam Tahun 2018 kali ini, mendapat penilaian tanaman terbaik dari tim penilai, se wilayah Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta. 

Hal itu diungkapkan Kepala RPH Cicadas, Dade Kamaludin, kepada Jatiluhuronline, Sabtu (24/11/2018) di areal perum Perhutani Petak 9. Saat meninjau dan mengawasi lokasi tanaman pohon jati, yang baru ditanam beberapa waktu lalu.

"Saya sangat berterima kasih kepada rekan-rekan mandor dan sukarelawan yang telah bekerja dengan sebaik - baiknya, hingga musim tanam kali ini mendapat prestasi dan penghargaan terbaik dibidang tanaman tahun ini. Walaupun, saya sendiri secara pribadi dan kelembagaan belum bisa memberikan apa - apa kepada rekan - rekan yang telah bekerja maksimal dilapangan." Ungkap Dade

Menurutnya, keberhasilan tersebut bukan tanpa alasan dan hasil kerjanya sendiri. Ditangan para mandor dan dua orang sukarelawan bertangan dingin, areal sejumlah 29 hektar bisa ditanami dengan kapasitas bibit 1100 pohon per hektarnya. 

Selain melibatkan jajaran rekan - rekan di RPH Cicadas, Dade mengajak para petani penggarap di areal pemangkuannya, ia pun menggandeng Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Tak ketinggalan Unit Penyuluh Pertanian (UPP) Kecamatan Cipeundeuy, ia undang dan libatkan dalam hal penanaman padi Go go, serta cara pemeliharaannya. 

"Alhamdulillah bisa terlaksana, dan beres sesuai harapan, mengingat saat ini sudah memasuki musim penghujan. Minta do'anya, kedepan mudah - mudahan saya bisa memberikan yang terbaik bagi Perhutani, maupun rekan - rekan saya dialapangan. Terutama, bagi yang masih berstatus tenaga kerja sukarelawan (Sukwan)." Pungkas KRPH Cicadas mengakhiri. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close