Maulana Ikhsan, Raih Keberkahan di Bisnis E-Commerce

Maulan Ikhsan
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Perkembangan dalam dunia bisnis online di era milenial saat ini memang sangat menjanjikan, selain bisa meraup keuntungan yang cukup besar, berbisnis dibidang digital ini juga tidak memerlukan keahlian khusus sehingga siapapun bisa melakukannya.

Seperti halnya yang dilakukan Maulana Ikhsan (31 tahun), pemuda asal Wanayasa Kabupaten Purwakarta yang tengah menjalani bisnis online saat ini, menyampaikan pengalaman berbisnisnya dengan menjual beragam produk di beberapa Marketplace.

"Dengan menjual produk secara online, saya bisa  menjangkau lebih banyak orang dimanapun mereka berada sehingga jauh lebih mudah untuk melakukan penjualan"  ujar Ikhsan yang pernah bekerja sebagai Sales Marketing di beberapa perusahaan distributor di Jawa Barat,  saat dihubungi jatiluhuronline, Kamis (15/11).

Tantangan dan rintangan yang dialami Ikhsan ketika memulai bisnis online memang tidak sedikit, mulai dari keterbatasan wawasan mengenai dunia internet, sulitnya mencari supplier yang bersedia diajak kerjasama, sampai dengan hal teknis dan prosedur yang sangat ketat dari Marketplace itu sendiri.  Meski demikian, segala cara dilakukan agar bisnis onlinenya itu bisa terus berjalan.  Dan menurutnya, selama merasa yakin dengan apa yang dilakukan dan terus mau berusaha, jangan pernah pesimis.

"Setiap usaha yang kita lakukan tentu saja tidak selalu berjalan mulus, oleh karena itu  kita harus mempersiapkan diri dengan hal tersebut, salah satu caranya yaitu dengan terus belajar dari orang-orang yang sudah ahli dibidangnya” ujarnya.

Terlepas dari apa yang pernah dialami, Ikhsan menjelaskan bisnis online yang sekarang dijalaninya membutuhkan setrategi yang baik, pasalnya berbisnis online ini harus betul-betul tanggung jawab, untuk itulah segala cara dilakukan agar konsumen lebih percaya dan yakin untuk membeli produk yang dijualnya.

"Sebagai penjual online saya harus bertanggung jawab untuk setiap produk yang saya jual, karena ini menyangkut kepuasan pembeli dan pengalaman belanja yang baik untuk para pelanggan baru" katanya. 


Selain itu, ikhsan menyampaikan bahwa bisnisnya itu tidak sekedar untuk memperoleh keuntungan materi saja, melainkan ada yang lebih penting dari itu, yaitu keberkahan.

"Dan poin pentingnya, saya tidak hanya berorientasi pada keuntungan tapi juga pada keberkahan. Karena itu saya tak segan-segan memberikan jaminan garansi, 100% uang kembali jika produk diterima pembeli dalam keadaan rusak atau tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Entah karena rusak diperjalanan atau apapun alasannya." lanjutnya.

Selain itu, ikhsan menjelaskan bahwa meskipun sudah menonaktifkan sebagian produknya karena kebijakan baru di salah satu marketplace, ia tetap optimis produk-produk barunya akan jadi produk fast moving selama tetap konsisten  dengan pelayanan yang baik, harga yang masuk akal dan tentu saja dengan cara penawaran yang tepat.

“Karena pada dasarnya produk apapun bisa laku, jika nilai/manfaat yang akan pembeli dapatkan lebih besar dari uang yang harus mereka keluarkan”, pungkasnya. (****/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close