Robot Ciptaan Warga Disabilitas Purwakarta, Siap Dibantu dan Dikembangkan



Purwakarta, Jatiluhuronline - Ahmad Sobandi (28), pemuda penyandang disabilitas asal Desa Cilegong Kecamatan Jatiluhur Kabupaten Purwakarta, mampu menciptakan robot dari bahan dasar barang bekas.

Robot ciptaannya tersebut berbentuk laba-laba, berkat tangan dinginnya, Ahmad sudah menghasilkan lima buah robot berjenis sama. Seluruhnya, dia kendalikan dengan menggunakan remot kontrol. menggunakan baterai bekas telepon genggam sebagai sumber tenaga penggerak.

Menurut Ibunda Ahmad, Encin Kuraesin (53), keahlian anaknya tersebut merupakan murni hasil karya sendiri alias otodidak. Dan Ahmad sendiri gemar mengumpulkan besi bekas payung, sebagai bahan baku untuk membuat robot. Selain itu, kabel, baterai dan solderan listrik semuanya merupakan bahan bekas.

Saat bertemu dengan Ketua Tim Pemenangan Jokowi-Ma’ruf Jawa Barat Dedi Mulyadi, Encin mengungkapkan kekhawatiran. Dia berujar tidak ingin pengetahuan dan kemampuan anaknya digunakan oleh pihak luar untuk kepentingan tidak baik.

“Semua itu dia kumpulkan. Kalau sedang khusyuk, dua minggu sudah jadi robot. Saya terus terang terkejut, Ahmad sendiri yang minta agar tidak diberitahu ke siapapun. Paling hanya minta kalau foto ya disimpan, dan diposting di sosial media.” tuturnya Encin Rabu (21/11/2018) di kantor Tim Kampanye Nasional (TKN) Jalan Kolonel Singawinata Purwakarta.

Sementara Dedi Mulyadi bermaksud menyalurkan hobi dan bakat yang dimiliki Ahmad. Ahmad meminta kepada Dedi, untuk membuat robot yang lebih besar. Agar kelak robot tersebut dapat digunakan untuk membantu para penderita stroke, atau membantu mengangkut sampah.

Demi mewujudkan keinginan tersebut, Dedi mengaku siap memenuhi kebutuhan riset. Berbagai kebutuhan tersebut  di antaranya berupa tenaga ahli dan pendanaan.

“Modalnya kita siapkan. Kalau gagal, harus terus berlanjut sampai berhasil. Nanti, ada tenaga ahli yang menemani. Kalau berhasil, karyanya akan disumbangkan pada pihak yang membutuhkan.” Pungkas Dedi. (Ags 3/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER