Embusan Angin di Mars Terekam Pesawat InSight Nasa


Konsep pesawat pendarat InSight milik NASA. Robot ini berhasil menyentuh permukaan Mars. (Gambar via NASA / JPL-Caltech)
Teknologi, Jatiluhuronline.com – Untuk pertama kalinya, pesawat antarksa milik NASA merekam suara hembusan angin di planet Mars pada Jum’at (7/12).

NASA berasumsi, angin yang berhembus kuat itu terekam dengan kecepatan 10 hingga 15 mph (lima hingga tujuh detik per meter).

Dilansir dari cnnindonesia, embusan angin terekam di atas panel surya InSight yang telah dikirim dari Bumi pada 16 November lalu. 

Sensor yang disematkan pada InSight mencatat getaran berupa perbedaan tekanan udara di dalam pesawat antariksa dan seismometer di dalamnya.


"Ini (rekaman embusan angin) merupakan data lima belas menit pertama yang berasal dari seismometer dalam waktu singkat," kata Thomas Pike, pimpinan peneliti Imperial College London disela konferensi media seperti dilaporkan AFP.


Thomas mengilustrasikan suara embusan angin yang terekam seperti bendera yang melambai. Bahkan, ia mengibaratkan embusan tersebut seperti halnya suara yang berembus dari dunia lain.



Tim penyelidik utama InSight di Jet Propulsion Laboratory NASA di California, Bruce Banerdt, mengatakan InSight berhasil merasakan angin yang bergerak dari barat laut ke tenggara sekitar pukul 5 sore waktu setempat.



Pesawat ini dibuat sebagai misi untuk mempelajari isi perut Mars yang belum pernah dilakukan sebelumnya untuk mendeteksi potensi gempa dan mengukur panas yang berasal dari kerak planet.

Sebelumnya, pesawat antariksa Viking 1 dan 2 milik NASA juga pernah mencatat adanya sinyal angin Mars ketika mendarat pada tahun 1976. Bedanya, kecepatan embusan angin yang saat itu tercatat lebih rendah. (***/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER