Manfaatkan Moment Pergantian Tahun Baru dengan Pesantren Kilat dan Tadabur Alam

Purwakarta, Jatiluhuronline.com – Kali ini Tim Redaksi Jatiluhuronline bersama para santri Al-Istikomah Bekasi, Santri Darul Falah Citalang Purwakarta dan Alumni Pondok Pesantren Al-Muhajirin sinergikan tahun baru masehi dengan mengadakan kegiatan Pesantren Kilat dan tadabur alam di Kampung Gunung Buleud Desa Ciririp Kecamatan Sukasari Kabupaten Purwakarta. (31/12/2018).



Untuk tahun ini, tim redaksi jatiluhuronline dan peserta kegiatan lainnya, mengambil lokasi di Kecamatan Sukasari, mengingat kecamatan sukasari ini berpotensi wisata alam yang cukup bagus, bernuansa natural dihiasi aliran air pegunungan, danau dan persawahan, cukup memanjakan pandangan mata dalam mentafakuri kebesaran ilahi, tak heran kamipun merasa mau berlama-lama ditempat lokasi.

Kegiatan pesantren kilat yang dilaksanakan selama 3 hari itu merupakan program kegiatan yang sudah dijadikan agenda setiap tahunnya.

“Kegiatan ini sudah biasa dilakukan, dan menjadi agenda kami setiap tahunnya, kata H. Gozali pendamping kegiatan, di tempat lokasi.
Serangkaian kegiatan pun dilakukan dengan penuh khidmat dan tertib, dari mulai membaca Al-Qur’an, shalat berjama’ah, do’a bersama, diskusi keagamaan, dan kegiatan bermanfaat lainnya seperti pelatihan dasar-dasar pembuatan sablon.

“Tujuan dari kegiatan tersebut selain mengisi waktu liburan menjelang pergantian tahun baru, diisi kegiatan yang lebih bermanfaat, mengingat moment tahun baru ini para remaja terbiasa dengan melakukan kegiatan yang kurang berfaedah seperti hura-hura,” kata Ust. Fatur salah satu Alumni Al-Muhajirin.
Selain mengaji ilmu agama, para santri diajak berkeliling menikmati suasana alam yang cukup asri, apalagi lokasi sangat dekat dengan tempat wisata curug tilu, peserta kegiatan diajarkan untuk belajar mensyukuri dan mentafakuri kebesaran ciptaan Ilahi.

Sementara itu, Ust. Endang salah seorang tokoh masyarakat sekaligus pendiri kampung tahidz gunung buleud ditempat lokasi kegiatan, menyambut baik dan sangat mengapresiasi kedatangan para peserta pesantren kilat di kediamannya.

“saya sebagai warga disni menyambut baik dengan kedatangan mereka, acara ini sangat bagus untuk terus diadakan, semoga remaja-remaja yang mengikuti kegiatan ini diberikan kemudahan dalam memahami ilmu agama, kegiatannya berjalan lancar dan aman” katanya.

Ia pun berharap dengan adanya kegiatan tersebut, para remaja khususnya dapat mengambil hikmah dari pergantian tahun baru masehi dengan berdo’a, bertafakur dan diisi kegiatan yang lebih bermanfaat. (***/MM)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER