Pusat Pengendali Satelit Nusantara Satu Ternyata di Purwakarta

PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN), Satelit Nusantara Satu -
Jakarta, Jatiluhuronline.com - Satelit Nusantara Satu milik PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) yang resmi diluncurkan pekan lalu akan dioperasikan dari Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

"Dikendalikan di Satellite Control Center yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta, di kompleks Indosat," kata Direktur Jaringan PSN, Heru Dwikartono, di kantor pusat PSN, Mega Kuningan, Jakarta, Jumat, (22/2), dilansir dari dream. Minggu, (24/2).

Heru mengatakan, alasan PSN mengendalikan satelit Nusantara Satu di komplek indosat,  karena pihaknya sudah memiliki kerjasama dengan indosat dalam membangun Satelit Nusantara Dua yang akan diluncurkan pada 2020 mendatang.

"Melihat itu wah Nusantara Satu kenapa enggak sekalian saja mengoptimumkan (infrastruktur) sekalian saja (Satelit Nusantara Satu dikendalikan) di sana (Jatiluhur)," ujar dia.

Diberitakan sebelumnya, Satelit Nusantara Satu resmi diluncurkan di Cape Canaveral Flrodia, Amerika Serikat Kamis, 21 Februari 2019 sekitar pukul 20.45 waktu setempat atau Jumat 22 Februari 2019 pukul 08.45 WIB, menggunakan roket Falcon 9 dari Space-X.

Menurut Heru, Satelit Nusantara Satu ini nantinya akan menempati orbit 146 derajat bujur timur tepat di atas langit Papua. 

"Satelit sampai di orbitnya kurang lebih dua minggu," ujar dia.

Setelah benar-benar berada di orbit, satelit juga akan dilakukan beberapa tes selama tiga minggu. Hal itu perlu dilakukan karena satelit telah melewati berbagai situasi seperti getaran saat peluncuran dan perubahan temperatur.

"Kita mau make sure sesudah (satelit) di atas sama dengan performance waktu kita tes di bawah," katanya. (dream/mh/jto)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER