Disnakan Mengklaim, Selama 44 Tahun di Purwakarta Tidak Ada Penyakit Rabies

Purwakarta, jatiluhuronline.com - Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten Purwakarta mengklaim selama kurun waktu 44 tahun di Purwakarta tidak terjadi kasus penularan penyakit rabies.

Kepala Disnakan Purwakarta Sri Wuryastrati mengatakan, semenjak tahun 1975 hingga saat ini di Purwakarta tidak terjadi penyebaran rabies, namun pihaknya terus waspada dan melakukan upaya pencegahan, terutama pada jenis hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera.

"Sudah lama tidak terjadi, tetapi kita tetap waspada dan berharap kasus rabies ini bahkan tidak ada," ujar Sri di Purwakarta, Rabu (13/3/2019).

Kasus penularan penyakit rabies terkahir terjadi pada tahun 1975, pernah dialami oleh seorang pelajar yang memelihara kucing dan menggigitnya hingga meninggal dunia, setelah dilakukan pemeriksaan ternyata kucing tersebut memiliki penyakit rabies.

Sejak kejadian itu, upaya pemerintah terus dilakukan dalam pencegahan penyakit rabies dengan memvaksin hewan-hewan peliharaan yang berpotensi rabies.

"Langsung upaya pencegahan untuk menghilangkan kasus serupa, vaksin dan pemeriksaan selalu dilakukan," katanya.

Selain itu, Disnakan menghimbau kepada masyarakat agar hewan-hewan peliharaannya seperti kucing, anjing ataupun kera untuk diperiksa kesehatannya dengan memanfaatkan vaksinasi rabies serentak pada bulan April 2019 nanti.

"Sudah ada kabar, kalau di Jabar ini akan diadakan vaksinasi rabies secara serentak pada April mendatang," ujar Sri.

Untuk teknis dan jadwal vaksinasi rabies di tingkat kabupaten, pihaknya masih terus melakukan koordinasi dan pembahasan dengan Disnakan Provinsi Jabar.

"Sedang dalam pembahasan, termasuk untuk waktu dan tempat vaksinnya," katanya. (NR)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER