BAWASLU : 16 Negara Siap Andil Pada Pemilu RI

Subang, Jatiluhuronline.com - 16 Negara dunia siap memantau jalannya Pemilu serentak, yang akan digelar Rabu (17 April 2019) mendatang.

Demikian disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (BAWASLU) Kabupaten Subang, Drs. Paraputan Harahap, pada Bimbingan Tekhnis (Bimtek) Pengawas TPS, Sabtu (13/04/2019) yang di selenggarakan oleh Panwaslu Kecamatan Cipeundeuy.

Selain itu, ditambahkan Ketua Bawaslu Kabupaten Subang, bahwa penyelenggaraan Pemilu 2019 kali ini, menjadi tolak ukur dan keberhasilan Pemilu Indonesia dimata dunia.

"Karena pemilu kali ini, selain serentak pelaksanaan jadwal pemungutan suaranya, juga pencoblosan sekaligus 5 surat suara oleh pemilih. Yang baru kali ini dilaksanakan, sepanjang sejarah Pemilu di Indonesia." ungkapnya

Dalam kesempatan itu pula, ia mengharapkan kerja maksimal para Pengawas TPS. Apa yang menjadi, Tugas, Wewenang, dan Tanggung jawab. Tidak melampaui aturan, perundang-undangan, dan mekanisme yang ada. Salah satunya membantu tugas penyelenggara pemilu lain, diantaranya meringankan beban KPPS dalam hal administrasi.

"Sekalipun saudara, atau teman. Contohnya, pada saat selesai penghitungan suara, pengawas TPS membantu mencatat perolehan hasil dalam form yang ada di KPPS. Hal seperti itu tidak boleh, dan jangan dilakukan oleh seluruh Pengawas TPS." pungkasnya mengakhiri pemaparan. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER