Pasca "Angin Topan" di Purwakarta, Masyarakat Dihimbau Tetap Waspada

Purwakarta, Jatiluhuronline.comAkhir-akhir ini, kondisi di beberapa wilayah Purwakarta terjadi angin kencang yang diiringi dengan hujan dan petir, masyarakat agar lebih waspada, dan mencari tempat berlindung yang lebih aman.

Pasca terjadinya "angin topan" di Desa Sempur Kecamatan Plered Kabupaten Purwakarta (6/4/2019) sore. Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Purwakarta Wahyu Wibisono mengatakan, dengan kondisi cuaca saat ini, potensi angin puting beliung di Purwakarta bisa kembali terjadi. 

"Kami tidak bisa memastikan seberapa besar potensinya, yang pasti masyarakat perlu waspada," kata kepala dinas tersebut, Wahyu Wibisono, Minggu 7 April 2019.

Berdasarkan data yang tercatat selama 2019, sedikitnya DPKPB Purwakarta mencatat ada empat kali bencana alam angin puting beliung. Namun, kerusakan yang paling parah sampai saat ini, terjadi pada Sabtu 6 April 2019 sore kemarin.

Atas kejadian tersebut, 16 unit rumah warga dilaporkan rusak. Kerusakan umumnya terjadi pada bagian atap rumah. 

"Gentengnya terbawa angin sampai terlepas dari tempatnya. Tapi tidak sampai ada yang roboh rumahnya," ujar Wibi.

Pasca bencana tersebut, warga dibantu aparat keamanan dan pemerintahan setempat langsung mengevakuasi bangunan yang rusak. Warga terdampak bencana terpaksa diungsikan ke rumah tetangga atau kerabatnya yang tidak terkena angin puting beliung.

Selain merusak bangunan rumah warga, angin tersebut juga menumbangkan sejumlah pohon di pinggir jalan. Namun, Camat Plered Rustam memastikan bencana kali ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.

Bantuan kepada para korban bencana mulai berdatangan. Salah satunya dari Polres Purwakarta, Selain itu, kepolisian setempat juga mengerahkan tim gabungan untuk membantu memperbaiki kerusakan di rumah warga. 

"Siang ini kami dari Polres Purwakarta kemudian juga dari interesting melibatkan fungsi SAR terbatas juga kesehatan serta logistik ikut membantu dalam melaksanakan bakti sosial," kata Matrius saat melakukan kunjungan sekaligus Baksos kepada warga korban puting beliung, Minggu (7/4/2019).

Pihaknya tetap melakukan pengecekan, terutama pada rumah warga yang terkena imbas, sampai hari ini jajaran Kecamatan Plered dibantu unsur TNI-Polri bersama warga masih membersihkan sisa-sisa dari angin puting beliung. (pr/pj/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER