Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Purwakarta Gelar Festival Dulag

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Jelang Hari
Raya Idul Fitri 1440 H, Pemkab Purwakarta gelar Festival Dulag.

Festival Dulag ini diikuti oleh ratusan Organisasi Perangkat Daerah, BUMN, BUMD, Desa dan masyarakat Purwakarta di Jl. KK. Singawinata, Purwakarta.

"Malam takbir kan biasa identik dengan menabuh beduk disertai takbir hingga menjelang pelaksanaan salat ied, karena menabuh beduk bagian tradisi yang tidak bisa terpisahkan dalam menjelang lebaran", ujar Bupati Anne Ratna Mustika, di Purwakarta. Selasa (4/6/2019).

Menurut Anne, Festival Dulag tersebut untuk mengakomodir kegiatan pawai beduk keliling, sehingga dengan diadakan festival bisa lebih tertib dan aman.

"Agar aman dan terakomodir sehingga seluruh masyarakat Purwakarta bisa menikmati suasana malam takbir", kata Anne mantan mojang Purwakarta.

Sementara itu, ketua Festival Dulag Dindin, mengatakan akan ada hadiah bagi peserta Festival Dulag, nantinya tim dewan juri akan menilai berdasarkan keserasian pukulan, keindahan dekorasi dan keseragaman pakaian. Para peserta nantinya akan menempatkan beduk, sepanjang Jalan KK. Singawinata, atau jalur wisata kuliner.

"Peserta melakukan pemukulan hanya di tempat, nanti juri akan berkeliling memberi nilai," ujar Dindin.(Diskominfo/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER