Pemprov Jabar Segera Bangun Hotel Terapung dan Kampung Wisata Air di Danau Jatiluhur

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.COM - Pemerintah Provinsi Jawa Barat, tahun ini berencana membangun hotel terapung dan kampung wisata air di lokasi danau Jatiluhur, Purwakarta.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, pihaknya sudah menggelontorkan dana sebesar Rp. 500 Miliar untuk pengembangan 30 objek wisata di Jawa Barat, salah satunya di Danau Djuanda Jatiluhur Kabupaten Purwakarta.

“Untuk Jatiluhur, mungkin yang akan kami tonjolkan itu hotel terapung dan Kampung Wisata Air,” tutur Ridwan Kamil yang akrab disapa Kang Emil saat mengunjungi Danau Djuanda Jatiluhur. Rabu, (19/6/2019).

Untuk merealisasikan pembangunan obyek wisata tersebut, Pemprov Jabar melakukan kerjasama dengan Perum Jasa Tirta (PJT) II sebagai pengelola danau Jatiluhur.

Danau Jatiluhur ini, merupakan danau buatan yang memiliki luas sekitar 8.300 hektar dan dinilai bisa dikatakan danau yang serba guna. 

Selain berfungsi sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dan kebutuhan air irigasi, lokasi ini pun menjadi objek wisata favorit karena keindahan alamnya yang masih asri.

“Hitungan enam bulan hingga satu tahun kedepan kita kembangkan potensi di sini. Hingga pada akhirnya, air di Jatiluhur ini bisa membawa manfaat dari segala dimensi,” kata Kang Emil.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Tirta II, U. Saefudin Noer, mengatakan sektor pariwisata di Purwakarta yakni Danau Djuanda Jatiluhur ini harus dioptimalkan.

“Hari ini dengan Pak Gubernur Jabar dan jajarannya kita sama-sama melihat apa yang ada di pariwisata Jatiluhur, melihat kesenjangannya dan mengerjakan pekerjaan rumah apa yang perlu diselesaikan,” ujar U. Saefudin Noer. (pp/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER