Manfaat Bawang Putih dan Cara Penggunaanya

KESEHATAN, JATILUHURONLINE.COM - Selain manjadi bahan rempah untuk penyedap masakan, bawang putih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan anda. Bawang putih yang bernama latin Allium sativum termasuk genus afflum yang berklasifikasi tumbuhan terna berumbi lapis atau siung yang bersusun. Tanaman ini tumbuh berumpun dan tegak berdiri hingga 75 cm yang memiliki batang semu  yang terbentuk dari pelepah daunnya sendiri, berbentuk seperti pittya , pipih dan tumbuh memanjang.

Akarnya terdiri dari serabut yang memiliki jumlah yang banyak dan disetiap umbi bawang terdiri dari sejumlah anak bawang ( siung ) yang siungnya terbungkus oleh oleh kulit tipis berwarna putih. Bawang putih sendiri dapat tumbuh dan berkembang pada ketinggian 200-250 meter diatas permukaan laut. Itulah ciri-ciri singkat yang dapat dijelaskan tentang bawang putih. 

1. Penyakit yang dapat diobati oleh bawang putih.

Bawang putih memiliki manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan anda baik untuk penyakit luar ataupun penyakit dalam dan pastinya juga sangat bermanfaat untuk kecantikan. Beberapa manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

- Dapat mengobati penyakit  hipertensi
- Penyakit Asma
- Penyakit Batuk
- Masuk angin
- Sakit kepala
- Sakit kuning
- Sesak nafas
- Busung air
- Ambeien
- Sembelit
- Luka memar
- Abses
- Luka karena benda tajam
- Bekas gigitan serangga
- Cacingan dan
- Susuah tidur atau ( Insomnia )

2. Cara Penggunaannya

1. Untuk mengobati hipertensi

Ambillah dua siung bawang putih lalu panaskan atau panggang dengan api lalu makanlah tanpa dicampurkan dengan bahan lain dan lakukan seterusnya secara rutin selama 7 hari hingga penyakit mulai membaik.

2. Untuk mengobati asma, masuk angin dan batuk

Ambillah tiga siung bawang putih, campurkan dengan 1 sendok makan madu murni (asli ) serta gula batu secukupnya kemudian, tumbuklah bawang putih hingga halus bersama dengan gula batu dan campurkan dengan madu hingga merata, selanjudnya diperah dan disaring lalu minum setiap pagi hari hingga penyakitnya sembuh.

3. Untuk mengobati sakit kepala

Ambil umbi bawang putih kemudian tumbuh hingga halus dan gunakan sebagai kompres didahi anda, lakukan terus hingga penyakit membaik.

4. Untuk mengobati sakit kuning dan sesak nafas

Satu umbi bawang putih dan satu potong gula batu sebesar telur ayam, umbi bawang putih ditumbuk hingga halus dan rebuslah bersama dengan gula batu dengan 3 gelas air bersih sampai mendidih dan diaduk sampai merata kemudian disaring dan selanjudnya, minumlah 2 kali sehari dengan 2 sendok makan setiap pagi dan sore hingga penyakitnya sembuh.

5. Untuk mengobati ambeien

Ambillah umbi bawang putih kemudian tumbuk hingga halus dan diperas untuk diambil sarinya lalu kemudian oleskan pada bagian yang sakit setiap hari secara rutin hingga penyakit sembuh total.

6. Untuk mengobati sembelit

Yougurt bawang putih  dan bawang merah secukupnya ditumbuk hingga halus kemudian diperas untuk diambil sarinya dan selanjudnya disaring lalu minumlah secara teratur dengan rutin hingga penyakitnya sembuh.

7. Untuk mengobati luka memar

Ambillah bawang putih secukupnya dan madu sebanyak 1 sendok kemudian, tumbuk bawang putih hingga halus dan campurkan dengan madu hingga merata. Oleskan pada bagian yang mengalami luka memar hingga sembuh.

8. Untuk mengobati Bekas terkena Sajam

gunakan umbi bawang putih dan minyak kelapa secukupnya. Bakar umbi bawang putih yang sudah disediakan dan celupkan kedalam minyak kelapa lalu tumbuk halus. Oleskan pada bagian yang terluka hingga secara merata dan rutin hingga sembuh.

9. Untuk mengobati bengkak abses

Ambil umbi bawang putih dan celupkan kedalam minyak cat ( Tunner ) lalu tumbuk hingga halus dan tempelakan pada bagian yang tubuh yang sakit. lakukan secara rutin hingga sembuh.

10. Untuk mengobati bekas luka teriris ikaca, kayu atau duri

Tumbuklah umbi bawang putih hingga benar-benar halus lalu tempelkan pada bagian tubuh yang tertusik kaca, paku atau kayu tersebut.

11. Untuk mengobati bekas sengatan serangga

Siapkan umbi bawang putih, sendowo dan garam halus secukupnya. Tumbuk halus umbi bawang putih dan campurkannlah dengan bahan yang lainnya hingga merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang terkena senagatan serangga tersebut.

12. Untuk mengobati cacingan

ambillah beberapa siung bawang putih kemudian kupas dan bersihkan lalu makan langsung. Bisa juga dengan cara dihancurkan dengan ditumbuk terlebih dahulu namun jangan sampai terlalu halus.

13. Untuk mengobati Insomnia ( susah tidur )

Sama dengan cara mengobati penyakit cacingan, Beberapa siung bawang putih dikupas dan dicuci bersih lalu dimakan langsung sebelum tidur.

Ketahuilah bahwa pada umbi bawang putih, setiap 100 gramnya mengandung banyak kandungan yagn berguna bagi tubuh kita diantartanya adalah :

- Protein
- Lemak
- Hidrat arang
- Vitamin B1
- Kalsium
- Vitamin C
- Kalori
- Posfor
- Zat besi dan
- Mineral

Selain kandungan diatas, juga terdapat beberapa kandungan zat aktif lainnya yaitu :

- Awcin
- Awn
- Enzim alinase
- Germanium
- Sativine
- Sinistrine
- Selenium
- Scordinin dan
- Nicotinic Acid

Demikianlah penjelasan singkat diatas, semoga bermanfaat dan sehat selalu menyertai aktifitas anda. Terimakasih.

Sumber : pembelajaran. com
Editor : M. Humam

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER