Agrowisata Purwakarta, Kecamatan Kiarapedes Bakal Jadi Sentra Buah Manggis

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Saat ini, pengembangan pariwisata yang dilakukan Pemkab Purwakarta melalui dinas terkait cukup menarik perhatian Pemerintah Provinsi Jawa Barat,  Pemprov pun berencana membantu dalam pengembangan pariwisata di wilayah tersebut.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum berkunjung ke kabupaten Purwakarta dalam rangka mencari potensi destinasi wisata. 

"Saya ditugaskan oleh pak Ridwan Kamil untuk mencari di 10 titik di masing-masing kabupaten dan kota untuk mengembangkan potensi wisata,” ujar Kang Uu usai saat meninjau objek Wisata Alam Pasir Langlang di Desa Pusakamulya Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta, belum lama ini.

Menurutnya, pengembangan pariwisata ini perlu dilakukan, karena sangat berpengaruh terhadap meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan meratanya peningkatan pada sektor ekonomi.

"Pengembangan wisata di daerah bukan semata ingin menguasai, namun peningkatan ekonomi di Jawa Barat diperlukan terjadi secara merata, dengan semakin banyaknya bermunculan destinasi wisata baru," kata Uu.

Sementara itu, menurut Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan, Irfan Suryana mengatakan, pihaknya berencana menjadikan wilayah tersebut sebagai sentra agrowisata, karena lokasinya memiliki potensi dengan perkebunan manggis.

"Lahan seluas lima hektar di kisaran Kecamatan Kiarapedes, rencananya akan disulap menjadi lokasi agrowisata oleh Pemkab. Purwakarta, berbagai produk unggulan perkebunan khas wilayah itu akan di kembangkan, terutama pohon manggis," katanya. Rabu (06/11/2019)

Dengan adanya lahan khusus sentra produksi perkebunan khas manggis, bisa sekaligus menjadi peluang untuk pengembangan di sektor pariwisata. 

"Outputnya, bisa saja kedepan akan didorong supaya ada wisata 'Kebun Manggis Petik sendiri', ujuannya, tak lain untuk menarik wisatawan," katanya.

Pihaknya pun mencontoh beberapa kawasan perkebunan yang telah berjalan untuk agrowisata itu. Misalnya, di Kota Malang ada perkebunan apel. Di sana ada sentra produksi sendiri, petik sendiri bahkan ada edukasi juga untuk mendorong UMKM. [***]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER