Tak Ada Toleransi, Pabrik Buang Limbah ke Citarum Bakal Ditindak Tegas

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika - 
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta akan menindak tegas terhadap perusahaan-perusahaan yang ada di Purwakarta jika diketahui membuang limbah ke sungai Citarum.

"Pemerintah daerah tidak akan memberikan toleransi dalam bentuk apapun. Kita akan tegas untuk menyikapi siapapun yang merusak lingkungan karena dampaknya akan besar," kata Anne Ratna saat menghadiri peresmian penyelesaian pengerukan Sungai Citarum oleh PT South Pacific Viscose (SPV) di Purawakarta, Selasa (19/11/2019).

Dikatakan Anne, saat ini masih ada perusahaan yang membuang limbah pabriknya tanpa diolah terlebih dahulu, sehingga sungai citarum menjadi tercemar.

Adanya pembuangan limbah tersebut, berdampak pada kualitas air sungai Citarum semakin hari semakin menurun. Kondisi ini tentunya menjadi sorotan bukan hanya nasional, tetapi dunia. 

Oleh karena itu, konsep pembangunan berkelanjutan atau pembangunan berwawasan lingkungan harus menempatkan kepentingan pembangunan dan kepentingan lingkungan dalam keadaan yang seimbang.

"Kualitas air Citarum semakin hari semakin menurun. Yang sudah kita rasakan saat ini yakni semakin meningkatnya angka stunting anak di Jawa Barat dan khususnya di Purwakarta. Menjaga lingkungan bukan hanya tanggung jawab pemerintah tapi harus menjadi tanggung jawab semuanya khususnya perusahaan," tegasnya.

Anne pun memberikan apresiasi terhadap kegiatan pengerukan Sungai Citarum yang dilakukan PT SPV sebagai upaya normalisasi sungai.

"Saya mengucapkan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada PT SPV dengan sudah selesainya kegiatan pengerukan aliran Sungai Citarum," pungkasnya. [***]

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER