Purwakarta Optimis Pertumbuhan Ekonomi Tahun 2021 Meningkat 5,54 Persen

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Di tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta menargetkan pertumbuhan ekonomi masyarakat Purwakarta meningkat hingga 5,54 persen.

Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan, pertumbuhan ekonomi masyarakat akan terealisasi jika didorong dengan beberapa faktor, diantaranya penyediaan infrastruktur yang andal.

“Titik berat prioritas kami ke depan, diarahkan pada program penguatan ekonomi kerakyatan, peningkatan sumber daya manusia, pemerataan infrastruktur, serta peningkatan produksi pangan dan produk unggulan masyarakat. Target kami, laju pertumbuhan ekonomi di 2021 mendatang naik 5,54 %,” ujar Anne kepada awak media pekan kemarin.

Menurutnya, kedepan Purwakarta akan memiliki kawasan industri baru yang luasnya mencapai 1.200 hektare, ia pun optimis perekonomian masyarakat Purwakarta akan meningkat.

“Kawasan industri ini sedang dalam proses pembangunan. Kalau sudah jadi, diperkirakan bisa menampung 150-200 perusahaan. Dengan banyaknya perusahaan di kawasan ini, tentunya akan berimplikasi pada pengurangan jumlah pengangguran di wilayah kami secara signifikan,” katanya.

Dengan adanya kawasan industri baru tersebut, pihaknya pun mengusulkan kepada Pemerintah Provinsi Jabar supaya dibuka akses tol baru untuk kawasan industri tersebut, hal tersebut agar antara mobilitas warga, jalur wisata dan industri tidak terganggu satu sama lain.

“Kalau industri punya akses sendiri kan enak. Tidak perlu lagi menggunakan jalur arteri yang selama ini jadi jalur mobilitas warga. Dengan begitu, masyarakat bisa tetap aman dan nyaman,” kata Anne.

Anne pun menambahkan, bahwa untuk pembangunan daerah selama ini juga mengandalkan alokasi bantuan provinsi yang mencapai 60 % di antaranya digunakan untuk pembangunan infrastruktur. Karena, pembangunan infrastruktur selama ini jadi salah satu prioritas pembangunan di wilayahnya.

“Kami berharap, Pemprov Jabar bisa kembali menunjukkan komitmennya dan membantu kami sesuai dengan prioritas pembangunan yang kami usulkan. Karena, dengan adanya alokasi bantuan provinsi yang memadai, bisa berdampak langsung terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat,” pungkasnya. (ik/as/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER