Pemerintah Rilis Jumlah ODP dan PDP Covid-19 di Purwakarta Bertambah

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta merilis jumlah orang yang terdampak virus corona (Covid-19) di wilayahnya. Hingga saat ini ( Kamis, 19 Maret 2020), terdapat 45 Orang Dengan Pemantauan (ODP), 3 orang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 1 orang Positif Covid-19.

“Situasi dan kondisi dan jumlah orang yang terpapar akan kita rilis pada pukul 12.00 setiap harinya, untuk hari jumat kita rilis sebelum waktu sholat jumat. Media centre penanganan Covid-19 untuk masyarakat kita dirikan di kantor Dinas Kesehatan Purwakarta, di Jalan Veteran,” kata Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika kepada awak media, Kamis (19/3/2020).

Menurutnya, terdapat penambahan warga yang berstatus ODP dari 40 orang menjadi 45 orang.

“ODP adalah orang yang mempunyai riwayat perjalanan ke luar negeri selama kurun waktu 14 hari, pernah melakukan perjalanan dan mengalami gejala-gejala terpapar covid-19,” katanya.

Sedangkan 3 orang yang berstatus PDP adalah mereka yang memiliki riwayat perjalanan ke luar kota dan terdapat gejala-gejala covid-19 dan dirawat di rumah sakit.

“PDP 3 orang 2 dari kecamatan jatiluhur kini sedang dirawat di bayu asih memiliki riwayat perjalan dari jakarta dan tanggerang dan 1 orang adalah mahasiswa yang belajar di jakarta asal kecamatan bojong. Sekarang dalam perawatan yang sama di bayu asih,” jelasnya.

Dan untuk yang positif Covid-19, 1 orang asal Kecamatan Pasawahan yang memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Dan kini tengah dirawat di Rumah Sakit Rotinsulu, Bandung, dengan kondisi yang sudah mulai membaik.

“Kami telah menunjuk 4 pejabat yang bisa mengeluarkan pernyataan berkaitan dengan perkembangan Covid-19 di Kabupaten Purwakarta, yaitu; Sekda, Kadinkes, Dirut Bayu Asih dan jubir Satgasus Covid-19 Purwakarta Kepala DPKPB,” kata Anne.

Anne juga menyebut sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh jajarannya diantaranya; RSBA menyediakan 50 persen ruangan rawat untuk antisipasi kasus Covid-19 dan menyediakan ruangan OK untuk persiapan ruangan isolasi.

Sementara, upaya Dinas Kesehatan adalah menyiapkan ruangan press conference, sebagai pintu informasi pemantauan percepatan penanganan Covid-19. Mengirimkan tenaga laboratorium sebanyak 3 orang sebagai antisipasi pemeriksaan lab dilakukan di Purwakarta dan melaksanakan desinfeksi gedung pelayanan publik.

“Pemda sendiri berupaya terus melakukan sosialisasi Covid-19 baik melalui media sosial maupun media lainnya. Kita juga lakukan desinfeksi disemua fasilitas umum serta menyiapkan anggaran melalui pergeseran anggaran melalui BKAD,” katanya. (dj/jto/mh)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER