Aksi Petugas Damkar dan PLN Amankan Ular Sanca di Tiang Listrik

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Seekor ular sanca sepanjang 2,5 meter melilit di atas tiang listrik di wilayah Kelurahan Ciseuereuh, Purwakarta, pada Rabu (8/4/2020). 

Sempat membuat warga sekitar heboh, sebab di tiang listrik tersebut mengeluarkan percikan api.

"Saya yang pertama ngelihat, itu apa ada percikan di kabel tiang listrik, pas dilihat ular besar nyangkut di tiang," kata Saeful salah seorang saksi mata, Rabu (08/04/2020).

Khawatir terjadi kebakaran, kemudian warga melaporkan kepada pihak berwajib.

"Ini baru pertama kali. Untung ketahuan, saya khawatirnya masuk ke rumah," ucap Saep.

Tak lama berselang petugas PLN datang ke lokasi untuk melakukan penanganan bersama petugas dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Purwakarta.

"Kami bekerja sama antara PLN dan Rescue, kesulitannya karena petugas di lapangan harus korlordinasi dengan petugas operator listrik. Ini kan ada listriknya jadi supaya aman kita matikan dulu. Kalo evakuasinya cuma sebentar paling 15 menit," ucap petugas Rescue, Diskar PB Rijal.

Proses evakusi ular membutuhkan waktu 15 menit. Kondisi ular cukup lemah dan ada bekas luka, itu terjadi karena badan ular tersengat listrik. 

Kini ular itu diamankan di Kantor Damkar Purwakarta. Rencananya ular ini akan diberikan kepada komunitas reptil, jika tidak ada komunitas reptil yang mau pelihara, maka dilepaskan di hutan yang jauh dari pemukiman warga. (in/jto/rr)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER