Pengurus BUMDES Kabupaten Subang, Ikuti Bimtek Budidaya Ayam Lokal

Subang, Jatiluhuronline - Puluhan Pengurus BUMDES yang tergabung dalam Forum BUMDES Kabupaten Subang, mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) budidaya ayam lokal (KUB) di Aula Kantor Dinas Peternakan dan Hewan pada Selasa (30/03/2012) siang. Acara yang diselenggarakan oleh Balai Penelitian Ternak, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian tersebut dilaksanakan 2 sesi.

Sesi pertama dilaksanakan pagi hari, diikuti oleh peserta umum dari para peternak. Dan siang harinya sesi ke dua, pesertanya berasal dari para pengurus BUMDES yang mewakili desa di wilayah kecamatan masing-masing se Kabupaten Subang.

Dalam sambutannya dihadapan para pengurus BUMDES, Sekretaris Dinas Peternakan dan Hewan Pemerintah Kabupaten Subang, Ir. Tarlan, M. Si mengatakan. Bahwa Pemerintah Kabupaten Subang mengharapkan budidaya ayam lokal KUB, bisa menjadi salah satu cabang usaha BUMDES.

"Jangan budidaya ayam lokal ini dijadikan usaha sampingan, harus dijadikan usaha cabang. Dan pesan pak bupati, kalau mau buka cabang usaha harus yang sesuai dengan keuntungan. Kalau buka usaha yang ingin untung jangan tanggung-tanggung. Kapan kita mau untung buka cabang usaha, kalau hanya budidaya nya skala kecil." Ucap Tarlan.

Ditambahkannya pula, dalam berusaha harus memperhatikan prinsip 4K. Yaitu KUMAN (Kurang Aman), KUDIS (Kurang Disiplin), KUTIL (Kurang Teliti) dan KURAP. (Kurang Rapih)Yang tidak boleh terjadi kepada para penggiat ekonomi, khususnya membuka cabang usaha Ayam KUB. 

Selain Sekdis, turut hadir dalam acara Bimtek tersebut, Kabid KPH, Koordinator Sub Peneliti Balai Penelitian Ternak, Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementrian Pertanian, serta Nara sumber dari peneliti Ayam Lokal. (***/R).

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Pengurus BUMDES Kabupaten Subang, Ikuti Bimtek Budidaya Ayam Lokal"

Posting Komentar