BMK Salurkan Beasiswa, Secara Simbolis Oleh Bupati

Jatiluhuronline, Bireuen - Bupati Bireuen Dr H Muzakkar A Gani, SH.,M.Si menyalurkan secara simbolis Zakat, dari Baitul Mal Kabupaten (BMK) Bireuen. Kepada siswa - siswi, yang digelar di Pendopo Kabupaten Bireuen Jumat (22/10/2021).

Penyaluran beasiswa secara simbolis kepada 2.750 siswa miskin tersebut, bagian dari penyaluran Zakat dan Infak Tahap II. Periode April-Agustus 2021, sebesar Rp1,9 miliar lebih kepada 3.047 penerima. Para penerima terdiri dari perwakilan siswa SD, SMP, MI dan MTs. Selain itu, dua warga miskin dan dua orang muallaf.

Bupati Bireuen, Dr H Muzakkar A Gani, SH.,MSi pada penyaluran zakat secara simbolis itu, mengatakan. Penyaluran zakat dari BMK Bireuen, bagian dari kehadiran Pemkab Bireuen dalam membantu masyarakat.

"Jumlah yang diberikan memang tidak banyak, karena terbatasnya zakat di Baitul Mal. Sementara banyak sekali warga miskin, yang harus dibantu. Kepada ananda kami, dari siswa/siswi, supaya menggunakan dana ini dengan baik," Ucap Muzakkar.

Bupati kepada komisioner BMK, mengharapkan. Agar terus melakukan terobosan, untuk meningkatkan penerimaan Zakat dan infak. Selanjutnya disalurkan kepada penerima yang berhak, sesuai aturan.

Sementara Ketua Badan Baitul Mal Kabupaten Bireuen, Tengku Muhammad Hafiq, S.Sy mengatakan. Sebanyak 2.750 siswa tersebut, terdiri dari 1.240 siswa Sekolah Dasar (SD), 843 siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP). 639 siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI), dan 28 siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs).

"Mengikuti aturan, penyaluran dilakukan melalui rekening masing-masing siswa. Kuota yang diberikan untuk setiap sekolah, sesuai dengan penerimaan zakat dan infak dari PNS di sekolah yang bersangkutan," jelasnya.

Aturan tersebut, hanya membatasi pengelolaan dana infak untuk bidang pemberdayaan ekonomi. Investasi dana umat untuk kesejahteraan masyarakat dan penyertaan modal, diluar poin itu tidak dapat dilaksanakan.

Ketua BMK Bireuen, mengatakan pula. Adanya penurunnya penerimaan zakat pada tahap II tahun anggaran 2021, sehingga tidak banyak fakir dan miskin yang dapat dibantu, dominan disalurkan kepada siswa.

"Upaya telah kami lakukan untuk meningkatkan penerimaan zakat, dengan mendatangi sejumlah instansi vertikal dan melakukan sosialisasi. Tetapi sebagian besar pegawai instansi vertikal, belum membayar zakat melalui BMK Bireuen," Pungkasnya. (Hendri/***)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "BMK Salurkan Beasiswa, Secara Simbolis Oleh Bupati"

Posting Komentar