Disdikbud Kabupaten Bireuen, Tutup Workshop Pembelajaran Seni Budaya

Jatiluhuronline, Bireuen - Kabid Ketenagaan (GTK), Disdikbud Kabupaten Bireun, Surya S. Pd, M. Pd, menutup kegiatan acara Workshop Inovasi Pembelajaran Seni Budaya Tahun 2021. Di Aula Hotel Bireuen Jaya, pada Kamis (11/11/2021).

Mengingat seni budaya adalah segala hal yang diciptakan oleh manusia dengan cara hidup yang berkembang pada suatu kelompok. Yang berarti mempunyai unsur keindahan yang turun temurun dari generasi ke generasi yang akan datang, maka perlu untuk terus dikembangkan.

Workshop Inovasi, Pembelajaran Seni Budaya Tahun 2021 ini, diikuti 95 guru Mata Pelajaran Pendidikan Seni dan Budaya Jenjang SMP Negeri dan Swasta dalam Kabupaten Bireuen.

Kegiatan diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bireuen melalui Bidang Ketenagaan (GTK ).

Kadisdikbud Kabupayen Bireuen, Muhammad Al Muttaqin, dalam acara pembukaan dua hari lalu, mengatakan. Kalau kegiatan workshop ini selesai dilaksanakan, guru-guru yang ada di Kabupaten Bireuen. Khususnya guru Pendidikan Seni dan Budaya di jenjang SMP, diharapkan memiliki inovasi terbaru dalam mengajarkan siswanya di sekolah untuk terus maju.

Dijelaskannya pula, kemungkinan metode - metode pembelajaran yang sudah pernah disampaikan sebelumnya. Sudah kedaluwarsa dan membosankan bagi siswa, karena sudah sering diterapkan.

“Dengan diadakan workshop ini, para guru bidang seni dan budaya mampu menciptakan inovasi-inovasi terbaru. Yang nantinya dapat diterapkan, di kelas sekolah masing-masing." Ujar Muhammad Al Muttaqin.

Sementara, Kabid Ketenagaan ( GTK) Disdikbud Bireuen, Surya, S, Pd ,M, Pd, saat menyampaikan tujuan dari kegiatan tersebut. Mengatakan bahwa, sebagai upaya untuk meningkatkan serta mengembangkan materi ajar mata pelajaran dibidang seni budaya.

Menurut Surya pula, khusus dijenjang SMP, mereka harus memperkuat dan memperbayak strategi – strategi pembelajaran. Sehingga seluruh guru seni dan budaya agar lebih efektif, Inovatif dan kreatif didalam mengembangkan ilmu ketrampilan seni budaya di SMP..

"Karena Seni budaya itu, merupakan suatu keahlian mengekspresikan ide-ide dan pemikiran estetika. Termasuk mewujudkan kemampuan, serta imajinasi pandangan akan benda, suasana, atau karya. Yang mampu menimbulkan rasa indah, sehingga menciptakan peradaban yang lebih maju." Imbuhnya.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, dari tanggal 9 sampai 11 November 2021 tersebut. Menghadirkan 3 orang pemateri, berasal dari Program Studi Kesenian FKIP Universitas Syiah Kuala Kota Banda Aceh.

"Saya berharap, kegiatan ini bisa terus dilakukan setiap tahun." Pungkas Surya. (Hendri/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Disdikbud Kabupaten Bireuen, Tutup Workshop Pembelajaran Seni Budaya"

Posting Komentar