Ingatlah, Anda Itu Pemimpin dan Harus Bertanggung Jawab

Gambar Ilustrasi


JATILUHURONLINE - HIKMAH, PEMIMPIN, apa yang pertama kali muncul dalam benak Anda mengenai kata itu? Kebanyakan orang mungkin akan beranggapan bahwa pemimpin adalah kepala negara atau orang yang memiliki kedudukan tertinggi dalam suatu perusahaan. Hal itu memang benar, tapi itu hanya salah satu saja. Pemimpin di muka bumi ini, bukan hanya mereka yang memiliki kedudukan tinggi.

Tahukah Anda bahwa Anda itu adalah seorang pemimpin di muka bumi. Allah memberikan amanah ini kepada Anda, karena Dia tahu bahwa hamba-Nya pasti mampu untuk menjalankan perintah tersebut. Mengapa? Karena manusia begitu berbeda dengan makhluk lainnya. Manusia diberi kelebihan berupa akal dan pikiran, yang jika digunakan dengan baik, akan memberikan efek yang baik bagi dirinya, bahkan bagi orang-orang di sekitarnya.

Dalam hadis riwayat Ibnu Umar RA, ia mengabarkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya. Seorang pemimpin orang banyak adalah pemimpin, dan dia akan diminta pertanggung jawaban atas rakyatnya. Seorang suami adalah pemimpin dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas keluarganya. Seorang istri adalah pemimpin di dalam urusan rumah tangga suaminya, dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas urusan rumah tangga tersebut. Seorang pembantu adalah pemimpin dalam urusan harta tuannya, dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas urusan harta tuannya, dan dia akan dimintai pertanggung jawaban atas urusan tanggung jawabnya tersebut. Ingatlah, setiap kalian adalah pemimpin dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban atas yang dipimpinnya,” (Shahih Bukhari hadis no. 844).

Dari hadis tersebut, jelas dikatakan apa identitas Anda yang sesugguhnya. Ya, Anda adalah pemimpin bagi setiap kedudukan yang Anda pegang. Dan Anda pun akan dimintai pertanggung jawaban berdasarkan kedudukan Anda di akhirat kelak. Seluruh bagian dalam anggota tubuh Anda akan ditanya, mulai dari tangan, kaki, telinga, mata dan lain-lain.

Jika Anda seorang suami, maka Anda harus mampu menjadi pemimpin yang baik bagi keluarga Anda. Begitu pula jika Anda seorang istri, maka Anda harus mampu memimpin urusan rumah tangga, itulah sebabnya seorang istri yang baik adalah istri yang selalu ada di dalam rumah, dengan melakukan hal-hal yang ada kaitannya dengan urusan rumah tangga.

Sudah tentu jika Anda adalah pemimpin negara. Maka, Anda harus mampu untuk mempin rakyat. Mengarahkan rakyat pada hal yang baik, menuju pada kesejahteraan dan ketentraman. Segala sesuatu harus Anda lakukan demi rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi atau pun sekelompok orang.

Bukan hanya itu, Anda juga harus mampu memimpin diri Anda sendiri. Maksudnya, Anda harus sayangi diri Anda dengan melakukan hal-hal yang dibutuhkan untuk diri Anda sendiri. Misalnya, memakanan makanan yang baik sehingga tubuh Anda sehat, menjaga kebersihan tubuh dan sebagainya.

Itulah kita, pemimpin dari setiap bidang yang ditekuni, termasuk diri sendiri. Di situlah Anda harus mampu menyesuaikan kepemimpinan Anda. Dan Anda harus mengetahui apa yang harus Anda lakukan sebagai seorang pemimpin, yang bukan hanya mementingkan diri Anda sendiri, melainkan orang-orang di sekitar Anda. Karena jika tidak, mampukah Anda mempertanggung jawabkannya di akhirat kelak?. [islampos]

Sumber: Di sarikan dari Helmi Azis, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam DR KHEZ Muttaqien Purawakarta

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close