Jawa Barat Masuk Wilayah Potensi Zakat Tertinggi

JATILUHURONLINE.id, BOGOR - Dosen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB melakukan penelitian menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepatuhan membayar zakat di masyarakat dengan mengambil sampel wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat.
Riset ini dilakukan oleh Ahmad Mukhlis dan Irfan Syauqi dosen dari Program Studi Ekonomi Syariah IPB. Riset yang dilaksanakan di Kabupaten Bogor ini mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan membayar zakat, dan untuk mengidentifikasi faktor yang dominan, agar lebih mudah dalam membuat kebijakan yang optimal.
"Jawa Barat adalah provinsi yang masuk wilayah dengan potensi zakat tertinggi, termasuk juga Jawa Tengah dan Jawa Timur," kata Irfan Syauqi, di Bogor, Selasa (21/4).
Dikatakannya, latar belakang dilakukannya riset tersebut karena peran zakat yang sangat luas terutama berkaitan dalam mengatasi kemiskinan yang menjadi permasalahan utama di Indonesia. Krisis ekonomi yang terjadi di dalam negeri maupun luar negeri ikut mempengaruhi lamanya bencana kemiskinan di dalam negeri.
"Zakat menjadi alternatif program pemerintah dalam mengatasi kemiskinan," katanya.
Selain itu, zakat merupakan sarana yang dilegalkan oleh agama Islam dalam pembentukan modal yang tidak semata-mata dari pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam, tetapi juga berasal dari sumbangan wajib orang kaya.
"Zakat juga berperan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia dan penyediaan sarana serta prasarana produksi," katanya. [rol](*)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

0 Response to "Jawa Barat Masuk Wilayah Potensi Zakat Tertinggi"

Posting Komentar