Orang Pendek dan Penyakit Jantung


JATILUHURONLINE.id - Penyakit jantung ternyata dipengaruhi tinggi badan. Studi terbaru disebutkan, orang bertubuh pendek beresiko lebih besar terkena penyakit jantung.
Peneliti menganalisis informasi ini dari 65 ribu orang lebih. Analisis dilakukan pada penyakit koroner arteri dan 128 ribu orang yang tidak memiliki penyakit tersebut. Arti penyakit arteri koroner adalah gangguan jantung plak terbentuk di arteri yang menyuplai darah ke jantung.
Mereka mengamati 180 tanda genetika yang diketahui mempengaruhi tinggi badan seseorang, untuk melihat apakah itu berkaitan dengan penyakit jantung dengan gangguan arteri koroner.
Diketahui, setiap pertumbuhan sekitar 6,35 cm pada tinggi badan seseorang, risiko terkena gangguan arteri koroner berkurang hingga rata-rata 13,5 persen. Sebagai contoh, risiko penyakit arteri koroner akan meningkat sebesar 32 persen bagi orang yang memiliki tinggi badan sekitar 152 cm dibandingkan orang dengan tinggi 167 cm.
“Meskipun banyak pula faktor gaya hidup, seperti merokok, juga berpengaruh, temuan ini menekankan bahwa penyebab penyakit jantung sangat kompleks,” ujar Dr. Nilesh Samani, peneliti studi sekaligus profesor kardiologi di Univerisity of Leicester, Inggris.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close