Wah,,,Harga Beras Murah, Gabah Kok Sebaliknya?

PURWAKARTA, JATILUHURONLINE.id- Harga beras di Kampung Bakan Kupa Desa Nanggewer Kecamatan Darangdan Kabupaten Purwakarta, dipatok Rp 5. 000, 00 per liter dan Rp 6. 500, 00 per kilogramnya untuk setiap penjualan. Harga tersebut ditengkulak beras pengolah gabah, belum sampai ke pengecer.

Ason (32) penduduk sekitar yang kesehariannya, mengelola penggilingan padi. Dari mulai membeli gabah, menggiling, sampai menjual beras, Minggu (26/04) ditempat perusahaannya. Saat ditemui, kepada Jatilhuronline, menyebutkan.

“Harga beras disini masih dijual lima ribu rupiah perliternya, dan enam ribu lima ratus rupiah perkilogram. Walaupun pembelian gabah dari tengkulak padi yang mengirim langsung kesini (tempat penggilingan), saya membayarnya Rp 4. 800, 00 (Empat ribu delapan ratus rupiah) perkilogramnya.” Kata Ason

Menurutnya pula, beras yang digiling dan terjual saat ini, dibeli dari berbagai daerah. Salah satunya dari Kecamatan Cipeundeuy Kabupaten Subang, lainnya ada yang dari Bandung Barat, bahkan dari daerah Pantura, Sukamandi, Ciasem, dan wilayah Kabupaten Karawang.


Sedangkan untuk pemasaran dan penjualan beras, Ason melayani kebutuhan warga sekitar tempat tinggalnya, selain wilayah desa sebelah Kampung Bojong Sero, Cisomang, dan Panglejar Kabupaten Bandung Barat. Sisanya, ia mendistribuskan kepasar-pasar tradisional. Baik pasar di Purwakarta, ataupun Pasar Padalarang Bandung Barat. (***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close