Bermodal Kejujuran, Jaed Jadi Jutawan



Karawang, Jatiluhuronline - “Kejujuran merupakan modal utama dalam berwirausaha”, demikian diungkapkan Jaed 37, Bandar ikan warga Cicinde II Rt02 Rw01, Desa Cicinde Utara, Kecamatan Banyusari, Karawang. UKM (Usaha Kecil Mengegah) yang digelutinya itu, berupa penyediaan berbagai jenis ikan kebutuhan lauk pauk makanan.  Kemudian, dijual kepada pemesan di daerah setempat.

Dari pagi hingga menjelang siang ikan sudah habis terjual satu ton per harinya. Dan mengeruk keuntungan limpahan rupiah. Dikatakan Jaed, usahanya itu dirintis sejak tahun 1995, dengan bermodal kemauan, keuletan, dan kejujuran. Usahanya hanya sebatas penyedia, ikannya dikirim dari Jakarta sebanyak 1 setengah ton sampai 2 ton per hari. Berkat usahanya itu, ia sudah menjadi salah seorang jutawan di desanya.

“Dulu ketika memulai usaha tidak dengan modal yang melimpah, cukup dengan kemauan. Setelah itu terpikirkan bagaimana agar usahanya terus berjalan, bagaimana agar banyak pelanggan. Sehingga menyimpulkan kejujuran adalah solusinya.” Jelasnya kepada Jatiluhuronline Selasa (19/05).

Menurutnya pula, walau berkemauan tinggi kalau tidak jujur, itu menjadi catatan dalam ingatan orang lain. Sehingga akan sulit untuk membangun relasi, dengan siapapun. Keuletan pun demikian, karena yang namanya bisnis tidak lepas dari yang namanya relasi.

“Jika sudah ada kemauan, maka harus ada keuletan. Jika sudah ulet maka harus ada kejujuran, dan yang terakhir adalah tawakkal, berserah diri pada Allah.” Pungkas Jaed. (AR/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close