Inilah Kriteria Calon Bupati Karawang, Yang Diinginkan


JATILUHURONLINE.id – KARAWANG, Jelang pemilihan Bupati Karawang timbul harapan dan impian dari para masyarakatnya, terkait idealitas seorang pemimpin. Sebagaimana diharapkan Dede Hanafi, salah seorang pengurus pondok Pesantren Al-Ikhwan, Banyusari Karawang. Ia harapkan seseorang yang akan memimpin Daerah Karawang lima tahun ke depan, selain harus memperhatikan kesejahteraan rakyatnya, juga perhatikan keamanan.

Menurutnya, kebutuhan dasar yang paling utama bagi suatu daerah ada pada dua kategori tersebut, yaitu kesejahteraan dan keamanan. Jika kesejahteraan tidak terjamin keamanannya, maka berapapun harta yang dimiliki tidak berarti, lantaran tidak aman dari gangguan kejahatan apapun. Begitupun keamanan yang tidak terjamin kesejahteraannya, maka akan berakibat tidak aman lantaran saling berrebut kesejahteraan.

Harapan tersebut muncul dari dua ayat Al-Qur’an surat Al-Qureisy ayat 3-4 yang maknanya berbunyi “Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan pemilik rumah ini (3) yang telah memberi makan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakuan. (4)” (QS. Al-Qureisy :3-4).

“Pemimpin harus berkaca pada filosofi maknawi Qur’an Surat Al-Qureish ayat 3 dan 4 mengenai peribadatan, kesejahteraan dan perlindungan, secara general. Pemimpin juga harus punya wawasan secara integral, semua sudut ia faham. Bisa mendiagnosa gejala yang terjadi di masyarakatnya,” ujar Dede Minggu (10/05) kepada Jatiluhuronline diareal ponpes.

Menurutnya pula tiga poin harapan yang diungkapkannya itu adalah harga mati yang harus diterapkan di suatu daerah oleh pemimpinnya. Idealitas seorang pemimpin harus perhatikan bagaimana peribadatan dirinya dan rakyatnya, karena sejatinya pemimpin tidak hanya membacakan laporan kepemimpinannya saat selesai masa jabatan, melainkan dimintai juga pertanggungjawabannya di yaumil akhir nanti.

“Kami tidak butuh janji 100 hari kepemimpinan, terapkan saja tiga poin penting tadi, satu detik setelah dilantik, laksanakan,” pungkasnya. (AR/***)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close