Wisata Keramik Plered Purwakarta

Tugu Keramik Plered
JATILUHURONLINE.id - WISATA, Sentra kerajinan kramik Plered, terletak di Desa Anjun Kecamatan Plered, sekitar 15 km dari kota Purwakarta. Di tempat ini, sekitar 50 pengrajin/toko membuat dan memasarkan  aneka kerajinan tangan mulai dari pengolahan tanah liat, proses pembuatan, pengeringan, pembakaran pada tungku, desain sampai kepada pemolesan (glosir) warna yang bernilai seni dan siap untuk dipasarkan.  Ukuran dan bentuk cinderamata yang sudah jadi cukup bervariasi, antara lain seperti asbak, gantungan kunci, pas bunga, tempat bolpoin, tempat tisu, kendi, gentong, guci, meja, kursi, asesori dan lainnya.  

Aneka kerajinan kramik yang dihasilkan sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan cinderemata maupun koleksi pribadi.

Saat ini cinderamata keramik Plered sudah menjadi komoditi ekspor ke berbagai negara, seperti Jepang, Belanda, Thailand, Singapore, Brunai Darusalam dan yang lainnya.
Sebagian Hasil keramik Plered purwakarta
Sedangkan untuk komoditi dalam negeri sudah dipasarkan di Bandung, Jakarta, Surabaya,Medan, Jogyakarta, Bali dan di beberapa kota besar lainnya.
Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat tersebut dapat dilakukan dengan kendaraan umum, bus atau kendaraan pribadi.  Kendaraan umum tersedia angkutan kota, berupa mini bus jurusan Cikampek-Plered.
Untuk wisata pendidikan, bagi para pelajar atau wisatawan yang ingin mencoba latihan, dapat langsung mengerjakan sendiri di LitBang Keramik Plered. Saat ini 12  orang pemandu wisata setempat siap melayani kebutuhan perjalanan wisata melalui Paket Wisata Kriya  yang sudah dikemas secara regular.
Pengrajin keramik Plered Purwakarta

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close