Ayam Tangkas Wanayasa Gelar Kontes Keindahan Ayam Tangkas Jawa Barat

Sebagian peserta kontes dan tim juri berpoto bersama usai pembagian piala dan piagam penghargaan
Purwakarta, Jatiluhuronline - Dalam rangka memperingati ulang tahun Komunitas Ayam Tangkas Jawa Barat, tim Ayam Tangkas Wanayasa menggelar kontes keindahan ayam tangkas yang bertempat di Desa Raharja Kecamatan Wanayasa Kabupaten Purwakarta. (13/03/2016).

Kontes tersebut diikuti oleh para pecinta ayam tangkas dari utusan masing-masing kabupaten di Jawa Barat. Mereka menampilkan keunggulan ayam peliharaannya dengan penuh semangat dan tetap menjalinan silaturahim antar pecinta ayam tangkas.

Adapun kriteria yang dinilai dari kontes tersebut yaitu bobot, kebersihan, kesehatan, bentuk kepala rawis, kaki, sayap, jinak dan durasi kontes selama 3 menit.

Tujuan dari kontes tersebut selain mencari keunggulan ayam, juga dimaksudkan mengubah pandangan masyarakat umum yang beranggapan bahwa ayam tangkas selalu di identikan dengan perkelahian dan perjudian, sebagaimana diungkapkan oleh kang Yudha selaku panitia kontes.

“Masyarakat masih menganggap bahwa ayam tangkas selalu dikaitkan dengan perkelahian atau perjudian, padahal tidak demikian, kita mengharapkan dengan adanya kontes tersebut masyarakat berpikir lebih bijaksana memanfaatkan ayam peliharaan kita untuk lebih baik”, tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan kang Farid selaku juri kontes, bawha kontes ini sebagai ajang pencarian bibit unggul dan harga penjualan mampuh bersaing di pasaran.

“Kita mengharapkan dengan adanya kontes ini, bagi penghobi ayam tangkas agar mampuh bersaing dalam hal pemeliharaan dan penjualan dipasaran, terutama penjualan ke luar daerah dan luar negeri (ekspor),” ungakpnya.


Kontes ini sudah menjadi program tahunan Komunitas Ayam Tangkas Jawa Barat, untuk itu rencananya kegiatan akan digelar kembali tahun depan, dengan menghadirkan tokoh-tokoh sejarawan dan pemerintahan, untuk mengetahui informasi seputar perayaman, komunitas ini memanfaatkan media sosial facebook sebagai tempat berbagi pengetahuan dengan anggotanya lebih dari 2000 anggota. (*)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close