Ridwan Kamil : Tahun Depan, Situs Megalitikum Gunung Padang akan Ditata dan Dikonservasi

M. Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat)
Bandung, Jatiluhuronline - Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, pada akun halaman facebook pribadinya memposting terkait pelestarian Cagar Budaya Alam Gunung Padang, beliau menyampaikan kepada para netizen, tahun depan Situs Megalitium Gunung Padang yang berada di Kabupaten Cianjur akan ditata dan dikonservasi oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Selasa, (30/10). Tujuan dari penataan situs tersebut, beliau sampaikan agar tidak semakin rusak dan terganggu oleh para wisatawan yang berkunjung, dan para pedagang liar yang tidak bertanggung jawab.

"Situs Megalitikum Gunung Padang di Kabupaten Cianjur tahun depan akan ditata dan dikonservasi secara profesional oleh Pemprov Jabar, agar tidak semakin rusak atau terganggu oleh aktivitas wisatawan dan pedagang yang sembarangan", tuturnya.

Baca Juga :
Mochamad Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil menambahkan, bahwa situs gunung padang tersebut adalah bukti sejarah peradaban sunda kuno yang harus dilestarikan, ditata secara maksimal.
  
"Situs ini menjadi bukti tingginya peradaban Sunda Kuno di masa lalu yang harus dilestarikan secara baik. Semoga akan menjadi destinasi sejarah yang tertata secara maksimal seperti kawasan Candi Borobudur", tambahnya.




Dalam perjalanan sejarah gunung padang, Rapporten van de Oudheidkundige (ROD~ Buletin Dinas Kepurbakalaan) menuliskan mengenai keberadaan situs ini pada tahun 1914. Setelah itu, sejarawan asal Belanda juga menyingung situs bersejarah ini di tahun 1949. Hingga akhirnya pada tahun 1979 diadakan penelitian dan tindak lanjut situs ini.

Baca Juga : 
Setelah adanya uji dating Laboratorium Batan (Indonesia) dan Laboratorium Beta Analytic Miami oleh Tim Terpadu Riset Mandiri, menunjukkan bahwa material paleosoil kedalaman 4 meter pada coring bor 1 berusia 5500 +130 tahun yang lalu. Sedangkan pengujian material pasir di kedalaman 8 meter hingga 10 meter pada lokasi coring bor 2 berusia  11000 + 150 tahun.

Lokasi keberadaan gunung padang ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk setempat menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda yang berusaha membangun istana dalam semalam namun tidak dapat terealisasi.
Baca Juga :
Hingga saat ini, Gunung Padang masih menjadi teka-teki bagi Tim Terpadu Riset Mandiri. Yang jelas, jika peradaban pembangunan situs ini terungkap, maka penemuan ini akan menjadi penemuan yang mengguncang dunia. (****/M)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close