Wisata Grama Tirta Jatiluhur Purwakarta

Bendungan Jatiluhur Purwakarta (Purwakarta Tourism)


Pariwisata, Jatiluhuronline.com - Bendungan (atau waduk) Jatiluhur mulai dibangun sejak tahun 1957. Kini, Bendungan tersebut memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah, air minum, budi daya perikanan, dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II. Ternyata, selain menjadi PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, bendungan Jatiluhur juga merupakan bendungan serba guna pertama di Indonesia. 

Itu terbukti dengan hadirnya fasilitas rekreasi Grama Tirta Jatiluhur. Nama ‘Grama Tirta’ sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yang berarti ‘Kampung Air’. Itu tentu beralasan, mengingat Grama Tirta Jatiluhur memiliki panorama danau terbentang seluas 8.300 ha. 


Kawasan Wisata Grama Tirta Jatiluhur sangat mudah diakses. Ia berlokasi di Kecamatan Jatiluhur; berjarak sekitar lima belas menit dari pusat kota, enam kilometer dari pintu gerbang tol Jatiluhur, atau sekitar empat puluh menit dari Bandung, dan 1,5 jam dari Pintu tol Pondok Gede.

Lantas, apa saja yang dapat Sahabat Purwakarta lakukan di Grama Tirta Jatiluhur? Sahabat Purwakarta dapat berolahraga dan melakukan rekreasi air seperti mendayung, berski air, berselancar angin, juga menggunakan kapal pesiar.

Selain itu, ada juga Jatiluhur Water World (JWW). Di dalam JWW terdapat banyak kolam renang dengan berbagai ukuran; dari standar olimpiade, kolam untuk berseluncur, hingga kolam yang dangkal. Permainan air dijamin makin seru dengan adanya wahana ember tumpah dan bungee trampoline.

Bila itu masih kurang, Grama Tirta Jatiluhur juga menyediakan fasilitas flying fox untuk Sahabat Purwakarta yang ingin merasakan adrenalinnya terpompa. 

Penikmat alam? Grama Tirta Jatiluhur menawarkan panorama cantik. Barisan pegunungan dan kicau burung siap sedia menemani kesunyian alam.

Ketika senja datang, panca indera dimanjakan dengan kemuning langit yang berkilauan di permukaan danau.

Dan saat sore berganti malam, memancing ikan—lalu menikmati ikan bakar—dapat menjadi kesenangan tersendiri yang pastinya akan membuat Sahabat Purwakarta tak ingin pulang. Jadi, tunggu apa lagi? Berkemaslah dan singgahlah ke Grama Tirta Jatiluhur. (Purwakarta Tourism)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER