Indonesia VS Timur Leste, Garuda Harus Menang


Sport, Jatiluhuronline - Setelah bertandang ke Singapura pada laga pertama, kali ini timnas akan bertindak sebagai tuan rumah melanjutkan kiprahnya pada Piala AFF 2018, Selasa (13/11/2018). Stefano Lilipaly dkk akan berhadapan dengan Timor Leste, tim yang pada laga pertama kalah telak 0-7 dari Thailand. Pertandingan Timnas Indonesia versus Timor Leste akan dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta dan disiarkan langsung oleh RCTI pada pukul 19.00 WIB.

Skuad besutan Bima Sakti dinilai akan mampu memetik kemenangan atas negara yang dulu merupakan provinsi ke-27 Indonesia itu. Namun, kemenangan saja dianggap tak akan cukup menjaga peluang Indonesia. Dengan status sebagai tim terlemah di Grup B, Timor Leste diprediksi akan menjadi lumbung gol bagi tim-tim lain. Karena itu, selagi ada kesempatan, Evan Dimas dkk wajib menang telak. Selain mengangkat moril tim setelah kalah 0-1 dari Singapura pada laga perdana, kemenangan telak juga dinilai bisa sedikit membantu posisi Indonesia saat penentuan kelolosan ke semifinal.

Bima mengaku tak ingin membebani pemainnya untuk harus membuat banyak gol. Sebab, Bima tidak ingin kewajiban menang dengan banyak gol malah jadi beban tersendiri bagi para pemain. "Saya tidak mau membuat pemain terbebani harus bikin banyak gol. Yang paling penting mereka meraih kemenangan dan diharapkan dengan gol yang banyak," kata Bima di SUGBK, Jakarta, dikutip dari media bola kompas,  Senin (12/11/2018).


Selesai melawan Timor Leste, Indonesia harus melakoni dua laga berat melawan Thailand di Bangkok dan Filipina di Jakarta. Kedua tim yang peringkat FIFA-nya lebih baik daripada Indonesia. "Yang paling penting sekarang pemain bisa bangkit dan bermain dengan karakter mereka sebelum-sebelumnya. Karena setelah ini, kita fokus dan harus kerja keras saat bermain di Thailand," ucap Bima.


Sementara itu, Pelatih Timor Leste Norio Tsukitate mengatakan, timnya sudah menyiapkan strategi untuk menghadapi Indonesia. Tsukitate menyatakan dirinya menekankan pada pemainnya agar jangan sampai lagi kalah telak. Namun, Tsukitate masih menyembunyikan strateginya itu. "Saya sudah siapkan strategi untuk besok. Mungkin malam ini bisa saya ubah, atau besok pagi juga bisa diubah," kata pelatih asal Jepang itu. Tsukitate menyatakan, timnya sudah melupakan kekalahan telak dari Thailand dan siap menghadapi Indonesia. (****/MH)
sumber : bola, kompas

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close