Wisata Keramik Plered Purwakarta

Hasil kerajinan keramik Plered (Purwakarta Tourism)
Pariwisata, Jatiluhuronline.com - Mencari oleh-oleh khas Purwakarta? Kerajinan keramik Plered dapat menjadi jawabannya. Kecamatan Plered sendiri memang terkenal sebagai sentra industri keramik dan tembikar. Lokasinya berada di Desa Anjun, berjarak sekitar lima belas kilometer ke arah barat dari pusat kota. Tak main-main, hasil kerajinannya telah diekspor ke banyak tempat, hingga mancanegara. 

Nama Plered sendiri berasal dari penamaan warga terhadap pedati kecil yang ditarik oleh kerbau pada zaman tanam paksa dahulu kala. Pedati-pedati yang dinamakan ‘Palered’ ini bertugas untuk mengangkut kopi.

Kerajinan keramik dan tembikar sudah menjadi mata pencarian sejak dulu kala untuk masyarakat Plered sendiri. Hasil kerajinannya pun cukup variatif; dari celengan ayam kecil hingga vas berukuran besar, lengkap tersaji di sini. Uniknya, bukan hanya sekadar membeli hiasan keramik dan tembikar, Sahabat Purwakarta pun bisa mencoba langsung membuat keramik dengan proses yang bisa dikatakan masih tradisional di UPTD Litbang. 

Nah, Sahabat Purwakarta, mari berbelanja di Plered. Harga keramiknya terjangkau, namun sudah pasti akan menjadi hadiah yang berkesan untuk keluarga dan kekasih hati. (Purwakarta Tourism)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER