Wisata Pasir Panyawangan Kiarapedes Purwakarta

Bukit Pinus Panyawangan Kiarapedes, Purwakarta, Jawa Barat. (Purwakarta Tourism)
Pariwisata, Jatiluhuronline.com - Menikmati sejuknya Bukit Pinus Panyawawangan, tempat ini merupakan sebuah wisata alam yang terbilang masih baru di Purwakarta. 

Bukit Pinus Panyawangan merupakan pengembangan dari lahan hutan pinus milik Perhutani bekerjasama dengan LMDH dan Karang Taruna setempat. 

Kawasan wisata ini diresmikan pada tanggal 23 Maret 2016 oleh Bupati Purwakarta (H. Dedi Mulyadi, S.H).

Bukit Pinus Panyawangan yang dari segi nama pastinya merupakan sebuah wisata alam yang dipenuhi perkebunan pinus, sebelum diresmikan penamaan objek wisata ini pada masa percobaan diberi nama Pasir Panyawangan oleh Bupati Purwakarta, namun dengan berjalanya waktu dari pihak Perhutani ada masukan untuk pemberian nama dan akhirnya disepakati menjadi Bukit Pinus Panyawawangan.

Di area Bukit Pinus Panyawangan ini, sahabat purwakarta bisa menikmati keindahan hutan pinus yang sudah tertata rapi dan bersih. Hutan pinus ini sangat cocok dinikmati dipagi atau sore hari dengan efek cahaya matahari yang menembus sela - sela pohon pinus dan kadang dipenuhi kabut, di sekitar area ini juga terdapat beberapa warung yang dekorasinya masih alami, disini sahabat purwakarta bisa menikmati segelas kopi ataupun teh hangat. 

Jangan khawatir tidak sampai disini saja yang ditawarkan di kawasan ini, Bukit Pinus Panyawangan juga menyediakan area camping ground yang bisa sahabat purwakarta gunakan untuk camping bersama teman, sahabat ataupun keluarga, dengan dilengkapi toilet bersih yang siap digunakan untuk tarifnya sendiri tidak terlalu mahal hanya dikenakan biaya Rp. 5000/ orang. 


Sahabat purwakarta juga bisa berjalan kaki untuk melihat keindahan air terjun yang tersembunyi, disana ada Curug Pamoyanan Indah yang berjarak kurang lebih 600 meter dari area camping, sebelum sampai dicurug sahabat akan melewati peninggalan bersejarah Goa Jepang yang diberi nama Guha Panyileukan, dan kemudian ada Curug Manah Rasa yang berjakarak kurang lebih 1000 meter dari lokasi camping.

Selain Camp Ground, berkat kerjasama dengan komunitas Sepeda Gunung Purwakarta akhirnya ditempat ini disediakan jalur Sepeda Gunung yang diberi nama Pusakamulya Bike Park, rutenya kurang lebih 2000 meter dari puncak.

Jalan menuju Bukit Pinus Panyawangan memang membutuhkan perjuangan, dengan jarak yang cukup jauh sekitar 25 Km dari pusat kota Purwakarta, dan dari situ wanayasa kurang lebih 4 Km, dengan medan jalan yang menanjak dan jalanan yang kurang begitu serta cukup sempit rata harus ekstra hati- hati dan butuh konsentrasi. 


Namun segala pengorbanan akan terbayar dengan keindahan yang ada disana, jika sahabat sedang mecari wisata alam baru di Purwakarta, tempat ini bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik, silahakan Sahabat Purwakarta selfie sepuasnya disini dan jangan lupa tetap jaga kebersihan dan kenyamanan. (Purwakarta Tourism)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER