Wisata Taman Maya Datar Purwakarta

Taman Maya Datar (Purwakarta Tourism)
Pariwisata, Jatiluhuronline.com - Pada zaman Kerajaan Pakuan Pajajaran, kata Maya Datar bermakna alun-alun di mana orang-orang yang berada di arealnya dianggap sejajar meski berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Berangkat dari sanalah, Kang Dedi Mulyadi, selaku bupati Purwakarta, menamai taman di komplek Pendopo Pemkab Purwakarta, Maya Datar.

Taman Maya Datar tampil begitu cantik dengan bunga-bunga di sekelilingnya, serta dua air mancur yang dilengkapi dengan pencahayaan yang ciamik. Macan putih yang melambangkan Prabu Siliwangi pun seolah mengaum gagah di muka taman.

Meski Taman Maya Datar biasa berfungsi sebagai lapangan alun-alun kota yang biasa digunakan untuk pelbagai upaca resmi, namun taman cantik ini juga dibuka untuk masyarakat luas pada pagi dan sore hari. Jadi, setelah seharian bekerja keras, tidak ada salahnya Sahabat Purwakarta melepas penat di Taman Maya Datar. Tapi ingat, selalu jaga kebersihan agar Purwakarta indah dipandang.

Pendop Maya Datar.
Apalah artinya sebuah kota tanpa ruang berkumpul yang aman dan nyaman? Untuk itulah Pendopo di Taman Maya Datar hadir. Selain berfungsi untuk pertunjukan seni, pernikahan, acara dinas dan kunjungan wisata, pendopo ini juga boleh dikunjungi oleh masyarakat umum. Serunya, pemandangan di belakang pendopo adalah air mancur dengan hiasan kujang. Lesehan di pendopo Taman Maya Datar sudah pasti membuat betah. Ingin langsung meng-upload foto-foto hasil selfie di Taman Maya Datar? Jangan khawatir, di sini pun tersedia wifi gratis untuk Sahabat Purwakarta yang hobi update status di dunia maya.
Selain di Sri Baduga, ada air mancur berwarna-warni yang tak kalah menarik untuk menemani malam Sahabat Purwakarta. Air mancur tersebut berlokasi di Taman Maya Datar, tak jauh dari gedung pemerintahan.

Air mancur Maya Datar mempunyai keunikannya tersendiri. Dengan kujang sebagai penghias, air mancur ini sangat merefleksikan budaya Sunda. Meski tak sebesar air mancur Sri Baduga, air mancur di Taman Maya Datar sudah barang tentu dapat menjadi objek foto yang sangat ciamik.

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

close