Jamin Kotak Suara Kardus Aman, KPU Minta Polemik Dihentikan

Jakarta, Jatiluhuronline.com – Maraknya perbincangan terkait kotak suara Pemilu 2019 bahan kardus, KPU jadi semakin getol membuat pernyataan jaminan keamanan dari kotak tersebut, bahkan di media sosial menjadi trending topik di kalangan netizen, tak sedikit pula yang berkomentar meragukan keamanannya. 


Dilansir dari viva, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid menyatakan, pihaknya akan menjamin kekuatan kotak suara berbahan kardus yang akan digunakan di Pemilu 2019 nanti. 

"Jadi dari sisi kekuatan kuat, ditimpa beban 80-90 kilo (kilogram) enggak penyok. Kotaknya itu ditumpuk empat atau lima itu enggak masalah," kata Pramono di gedung KPU RI, Jakarta, Minggu, (16/12) 

Kemudian KPU menjamin, dalam pengiriman kotak suara kardus ke berbagai daerah di seluruh Indonesia, meskipun melalui laut dan sungai dijamin aman. "Dua kali dibungkus plastik," ucapnya. 

Selain itu, ia meminta KPU Daerah untuk menyiapkan gudang penyimpanan kotak suara yang aman dan tidak dekat dengan sungai. Hal tersebut agar saat banjir datang tidak terjadi seperti di Badung, sekitar 2.000 kotak suara lebih terendam banjir. 

"Itu banjir, banjir itu musibah, musibah dalam pemilu itu force majeur, bisa berimplikasi pada penundaan pemilu," tuturnya. 

KPU meminta polemik kotak kardus untuk Pemilu 2019 dihentikan oleh semua pihak. Menurutnya, substansinya bukan di situ. 

"Sebenarnya, isunya bukan soal bahan yang dipakai, tetapi soal jaminan keamanan perolehan suara. Jadi ini orang menyisir isu, orang mempersoalkan bahan, tetapi yang disasar jaminan keamanan," katanya. (***/MM)


SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER