'Media Gathering' Siloam Hospitals Purwakarta, Tingkatkan Layanan Kesehatan Pasien

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Siloam Hospitals Purwakarta mengadakan acara "Media Gathering" yang dihadiri oleh sekitar 30 wartawan dari berbagai media massa di Purwasuka (Purwakarta, Subang, Karawang), bertempat di Aula RS. Siloam, Jl. Bungursari, Purwakarta. Selasa, (11/12/2018).

Pada acara tersebut, diawali dengan sambutan dari Direktur Siloam Hospital yang diwakili oleh Rita Anjani. Dalam sambutannya, ia menyampaikan gambaran umum keberadaan RS. Siloam Purwakarta, dari mulai pelayanan yang diberikan pihak rumah sakit, dokter spesialis, para karyawan, hingga sarana prasarana rumah sakit yang memadai dengan standar nasional.

Selain itu, Siloam Hospitals Purwakarta melalui Divisi Pelayanan Medis, dr. Vidie Asseanto Tanassia, menyampaikan kabar baik bahwa Siloam Hospitals Purwakarta telah lulus Akreditasi Rumah Sakit Nasional dengan predikat Paripurna yaitu pengakuan tertinggi dalam kualitas pelayanan dan keselamatan pasien.

Tim Surveyor dari KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit) telah melakukan penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan medis, keselamatan pasien, pengunjung dan karyawan serta kesehatan lingkungan rumah sakit pada tanggal 28-30 November 2017. Dan dari hasil penilaian tersebut, Siloam Hospitals dinyatakan lulus akredsitasi tingkat paripurna yang ditetapkan pada tanggal 8 Januari 2017.

Menurutnya, dengan lulus akreditasi Rumah Sakit Nasional, baik pasien, dokter, perawat, karyawan maupun pengunjung Siloam Hospitas Purwakarta akan merasa lebih aman dan nyaman. Hal itu ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memenuhi standar keselamatan dalam pelayanan medis yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Komisi Akreditasi Rumah Sakitdari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pada acara tersebut, dr. Jupiter Sibarani, Urologi RS. Siloam, menyampaikan pula mengenai permasalahan kesehatan yang sering dialami masyarakat yaitu Penyakit Batu Ginjal.

Dalam presentasinya, dr. Jupiter Sibarani menjelaskan bahwa ginjal adalah organ tubuh yang berfungsi untuk membuang zat sisa dalam darah dalam bentuk urine. Zat yang tidak bisa keluar melalui urine dan mengendap di dalam ginjal beresiko membentuk batu ginjal. Biasanya penyakit ini ditandai dengan nyeri pada bagian pinggang dan urine berwarna keruh, berdampak penyumbatan pada aliran urine hingga menyebabkan penurunan fungsi ginjal secara permanen.

Pasien yang memiliki penyakit batu ginjal, sekarang tidak perlu melakukan bedah operasi, sebab Siloam Hospitals sudah ada prosedur pemecahan batu ginjal tanpa harus dioperasi. Dengan menggunakan alat canggih kesehatan, Siloam Hospitals membuka layanan ESWL (Extracorporeal Shok Wave Lithotripsy) yaitu pemecahan batu ginjal dengan gelombang kejut tanpa melakukan pembedahan operasi. 

Melalui alat ini, pasien cukup berbaring dan alat ESWL akan memancarkan gelombang kepada area batu ginjal berada. Batu yang dihancurkan akan keluar secara alami bersamaan dengan urine. Tindakan ini memerlukan sekitar 1 jam, dan kelebihannya dari alat ini, pasien tidak akan mengalami luka, tidak perlu dirawat di rumah sakit dan biayanya juga lebih murah.

Pada kesempatan yang sama, dr. Evan Rivana SpP, Dokter Spesialis Paru Siloam Hospitals Purwakarta, menuturkan hal yang sering terjadi di masyarakat khususnya kaum wanita muslimah yang menggunakan hijab yaitu kasus jarum yang tertelan dan masuk ke dalam saluran pernafasan.

Menurutnya, sebagian masyarakat mengganggap bahwa ketika ada benda asing yang tertelan maka harus dilakukan operasai besar dengan pembedahan. Siloam Hospitals Purwakarta saat ini, telah menerapkan metode terbaru yaitu Bronkoskopi. Dengan alat ini, benda asing yang masuk ke dalam tubuh bisa diambil melalui mulut tanpa adanya pembedahan.

Tindakan Bronkoskopi merupakan tindakan yang dilakukan dengan cara memasukkan selang yang dilengkapi kamera melalui mulut menuju alat pernafasan. Pada ujung selang terdapat penjepit untuk mengangkat benda asing. Melalui cara ini, pasien tidak akan ada luka di tubuh pasien dan proses pemulihan lebih cepat.

Dengan adanya pelayanan yang diberikan Siloam Hospitals Purwakarta, ketersediaan peralatan medis dan predikat akreditasi paripurna, semoga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat baik untuk peserta BPJS, peserta asuransi lainnya maupun jaminan perusahaan. (***/MH)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER