Turki dan Rusia Sampaikan Dukacita Atas Korban Tsunami Selat Sunda


Jakarta, Jatiluhuronline.com – Peristiwa tsunami selat sunda yang terjadi pada sabtu (22/12) malam hingga mengakibatkan ratusan orang meninggal dan luka-luka, menjadi bahan perhatian negara luar, tak sedikit dibelahan dunia menyampaikan dukacitanya atas peristiwa tersebut. 

Seperti disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, ia menyampaikan belasungkawa atas terjadinya tusnami di Indonesia. 

“Atas nama rakyat Turki saya dengan ini menyatakan belasungkawa kami kepada semua rakyat Indonesia,” kata Erdogan saat pertemuan Majelis Umum Keuangan 2018 Dewan Hubungan Ekonomi Asing (DEIK) di Istanbul (Minggu, 23/12). 

Hal senada juga disampaikan Kementerian Luar Negeri Turki. 

“Kami berharap rahmat Allah menyertai orang-orang yang kehilangan nyawa, pemulihan yang cepat bagi yang terluka dan menyampaikan belasungkawa kami kepada orang-orang yang bersaudara di Indonesia,” demikian bunyi pernyataan tersebut, seperti dimuat Yenisafak. 

Ucapan dukacita juga disampaikan Presiden Rusia Vladimir Putin. Sebagimana dimuat di situs web Kremlin. 

“Rusia berbagi kesedihan dengan negara sahabat Indonesia,” kata Putin seperti dimuat kantor berita TASS. 

“Saya meminta Anda untuk menyampaikan kata-kata simpati dan dukungan yang tulus kepada kerabat dan teman-teman mereka yang meninggal dan berharap pemulihan yang cepat untuk semua yang terluka dalam bencana alam ini,” sambungnya. 

Ucapan belasungkawa juga tersampaikan dari Gubernur Jawa Barat, Kang Ridwan Kamil di akun twitternya.

"Turut berduka cita untuk bencana Tsunami di pantai Banten dan Lampung. Kita doakan semoga tidak banyak korban dan semua baik-baik saja. Kepada yang berduka semoga dikuatkan dan diberi kesabaran. Aamiin."

Tsunami yang menimpa Banten dan Lampung Selatan kemarin menyebabkan lebih dari 200 orang meninggal dunia dan luka-luka. (jo/pojokjabar)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER