KPU Kembali Menggelar Debat Kedua Pilpres 2019

Jakarta, Jatiluhuronline.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali menggelar debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Minggu (17/2/2019) besok.

Debat Kedua Pilpres 2019 akan disiarkan secara langsung di empat stasiun TV swasta, yaitu RCTI, GTV, MNC TV, dan INews TV, mulai pukul 20.00 WIB. Anda juga dapat menyaksikan debat kedua Pilpres 2019 melalui live streaming via ponsel.

Untuk tema yang akan jadi pembahasan kali ini mengangkat tentang energi, pangan, sumber daya alam, dan lingkungan hidup.

Selain itu, di debat Pilpres 2019 kedua ini, akan ada segmen debat bebas antara Jokowi vs Prabowo. Debat bebas tersebut akan dilakukan pada segmen keempat selama 16 menit.

Segmen keempat akan diawali dengan pemutaran film berdurasi sekitar 30 detik mengenai satu dari empat tema debat. Nantinya, hanya ada satu tema yang akan diangkat dalam segmen keempat Debat Pilpres kedua.

"Jadi nanti ada 4 video dikocok, nanti diambil satu, misalnya kena film (tema) pangan, ya sudah nanti (tema) pangan lah yang didiskusikan," kata Ketua KPU, Arief Budiman, dikutip dari Kompas.com.

Setelah film tersebut diputar, kedua capres diminta untuk menanggapi dan saling melemparkan pertanyaan. Tidak ada batasan waktu bagi kedua peserta untuk saling menanggapi. 

Moderator akan memastikan kedua peserta memperoleh porsi yang sama dan tidak ada yang lebih dominan.

"Masing-masing pihak dikasih waktu untuk menanggapi. Kemudian saling menanggapi respon yang udah diberikan," jelas Arief.

Selain itu, pada debat kedua Pilpres 2019, tidak ada lagi kisi-kisi pertanyaan yang diberikan pada capres. Bahkan, KPU memastikan akan menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan untuk debat kedua Pilpres 2019.

Arief pun menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan yang akan diajukan pada Jokowi dan Prabowo.
Arief mengatakan, dua moderator dan tujuh panelis debat merupakan tokoh-tokoh yang memiliki profesionalitas serta integritas.

Bahkan moderator dan panelis melakukan penandatanganan pakta integritas yang menjamin kerahasiaan daftar pertanyaan debat.

Pada kedua Pilpres 2019, moderator yang akan memandu jalannya adalah Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Sementara tujuh panellis debat kedua Pilpres 2019 adalah Rektor ITS Prof Ir Joni HermanaMSc ES PhD; Rektor IPB, Dr Arif Satria; Direktur Eksekutif WALHI Nur Hidayati; Ahli pertambangan ITB, Prof Dr Ir Irwandy Arif MSc.

Juga ada Pakar Energi UGM, Ahmad Agustiawan ST MSc PhD; Pakar Lingkungan Undip, Sudharto P Hadi; serta Sekretaris Jenderal Konsorsium Pengembangan Agraria (KPA), Dewi Kartika. (kompas/jo)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER