Penerima BPNT di Kecamatan Maniis Tidak Sesuai Timbangan

Beras program Bantuan Pangan Nontunai ditimbang oleh agen dan keluarga penerima manfaat dengan disaksikan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Warga penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Citamiang, Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta komplain. Pasalnya, bantuan beras yang disalurkan untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) itu jumlah timbangannya tidak sesuai.

Menurut Kepala Urusan Kesejahteraan Masyarakat (Kaur Kesra) Desa Citamiang, Kecamatan Maniis, Iwan Permana, dirinya tidak tahu menahu soal timbangan penyaluran beras BPNT yang diterima masyarakat.

”Saya juga kecolongan, sekarang ketika ditimbangan ternyata kurang dari 10 kilogram. Kalau dirata-rata sih beras yang kami terima 8 kilogram, harusnya 10 kilogram,” kata Iwan, saat ditemui sejumlah awak media di kantor Desa Citamiang, Kecamatan Maniis, Kabupaten Purwakarta, Rabu (20/2/19).

Iwan mengaku, penyuplai beras yakni PB IKAH BBR dari Kabupaten Subang. Namun, untuk kualitas berasnya lumayan bagus hanya timbanganya saja yang kurang.

”Setiap datang barang, saya tidak pernah menimbangnya kembali, karena saya sudah percaya terhadap suplayer. Hal ini bisa diketahui kalau timbanganya karena ketika barang datang, Babinsa dan Babinkamtibmas datang langsung aja menimbang beras tersebut. Eh ternyata kurang,” katanya.

Dia menambahkan, untuk di Desa Citamiang sendiri ada 70 Kepala Keluarga (KK) yang mendapatkan bantuan BPNT ini.

”Ada 70 KK untuk penerima bantuan, namun yang sudah ngambil baru 5 KK, jadi ada sisa 65 lagi di kantor desa,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kapolsek Maniis, AKP Agus Wahyudin, mengatakan, awalnya pihaknya menerima aduan dari masyarakat yang berhak menerima bantuan sosial BPNT yang tidak sesuai saat diterima.

”Masyarakat menyampaikan hal-hal tidak sesuai dengan dari jumlah timbangan, yang sesuai dengan ketentuan pusat. Karena mereka sudah beberapa kali menerima selama 4 bulan, makanya mereka lapor ke kami,” katanya.

Setelah menerima laporan tersebut, lanjutnya, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dan ternyata benar ada pengurangan dari jumlah timbangan kurang dari 10 kilogram.

”Dari 70 karung kecil, beras tersebut rata-rata timbanganya cuma 8 kilogram saja. Hasil temuan kami di lapangan, kami langsung menyerahkannya ke Satgas Bantuan Sosial di Mapolres Purwakarta untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujarnya. (RK/gan/pojokjabar/jo)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER