1.220 Anggota BPD Purwakarta Dilantik, Anne : BPD Bagian Dari Berdemokrasi

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika Melantik Anggota Bamusdes Purwakarta - 
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Keberadaan Badan Musyawarah Desa (BPD) atau bisa disebut Bamusdes memiliki peran penting dalam mewujudkan masyarakat yang berdemokrasi di tingkat pedesaan.

Untuk itu, Bamusdes harus mampuh bersinergi dengan kepala desa yang merupakan perwakilan dari masyarakat desa.

"Bamusdes ini merupakan perwakilan dari masyarakat Desa, bagian dari berdemokrasi masyarakat desa, sehingga perlu adanya sinergitas dalam pembangunan termasuk rancangan pembangunan desa serta peraturan desa," ujar Anne dalam sambutan di Pelantikan 1.220 Anggota Badan Musyawarah Desa Se- Purwakarta 2019 - 2025, di Bale Sawala Yudistira, Purwakarta. Jumat, (1/3/2019)

Menurut Anne, peran dan fungsi Bamusdes merupakan bagian dari pengembangan partisipasi dan keaktifan masyarakat dalam membangun desa yang mandiri. Misalnya, mendorong aspek sosial dan meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

"Perannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat desa, misalnya ada masalah kan bisa diselesaikan secara mandiri, mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan Desa, karena bisa mendorong aspek sosial dan aspek ekonomi," ujar Anne.

Anne pun mengingatkan, Bamudes untuk saling menjaga harmonisasi dalam menjalankan tugas dan fungsinya di masyarakat sebagai bentuk pelayanan kemasyarakatan sesuai konstitusi.

"Secara umum dapat membahas rancangan pembangunan, pengawasan desa, menampung dan merumuskan aspirasi masyarakat. Bekerjalah dan laksanakan tugas dengan penuh tanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," katanya.

Selain itu, menjelang Pilpres dan Pileg 2019, Anne meminta baik Bamusdes maupun Kepala Desa agar bersinergi menjaga kondusifitas di wilayahnya masing-masing.

"Sebentar lagi kita menghadapi pesta demokrasi, peran BPD dan Kepala Desa dalam menjaga ketentraman dan keamanan harus tetap terjaga serta kondusif di wilayahnya masing - masing," jelasnya.

Diketahui, hari ini (1/3) Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika melantik 1.220 Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) 2019 - 2025 yang berasal dari 183 desa pada 17 kecamatan di Kabupaten Purwakarta.

Pelantikan anggota BPD dibagi dalam dua gelombang.  Gelombang pertama sebanyak 560 Anggota BPD yang berasal dari Kecamatan Purwakarta, Campaka, Cibatu, Bungursari, Jatiluhur, Pasawahan, Pondoksalam, Babakan Cikao dan Sukatani.

Sedangkan gelombang kedua sebanyak 660 Anggota BPD dari Kecamatan Kiarapedes, Wanayasa, Bojong, Darangdan, Plered, Tegalwaru, Maniis. (NR)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER