Ribuan Pengunjung Padati Festival Manggis Purwakarta

Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Ribuan pengunjung padati Festival Manggis Purwakarta 2019 yang digelar hari ini di Kp. Gandasoli Desa Babakan Kecamatan Wanayasa, Purwkarta. Sabtu, (23/3/2019)

Festival Manggis Purwakarta 2019 berlangsung tertib dan aman, sederetan kegitan mulai dari makan gratis buah manggis, bazar olahan manggis, dan kegiatan lainnya sukses di gelar.

Ketua Panitia Festival Manggis Purwakarta 2019 Iyus Permana mengatakan, potensi manggis di wilayah ini cukup besar. Bahkan, saat ini Purwakarta menjadi salah satu wilayah pengekspor buah manggis.

"Kami menangkap potensi lain dari Desa Babakan yang menjadi salah satu sentra buah manggis di Purwakarta. Salah satunya, menjadi magnet untuk menarik wisatawan. Festival ini adalah salah satu upaya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan," katanya. Sabtu, (23/3/2019)

Sedangkan menurut Bupati Purwakarta Hj. Anne Ratna Mustika mengatakan, tujuan diselenggarakannya Festival Manggis ini untuk mendukung dan memotivasi para petani manggis yang ada di Purwakarta agar terus meningkatkan kualitas produktifitasnya..

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi bagi para petani untuk meningkatkan kualitas dan produktifitas buah manggis di Purwakarta," kata Anne saat memberikan sambutan di acara Festival Manggis.

Anne pun mengingatkan, pada saat para petani sedang panen manggis, agar tidak ada buah manggis lain yang masuk ke Purwakarta.

"Hal ini harus menjadi perhatian bersama," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purwakarta Heri Anwar mengatakan, penyelenggaraan Festival Manggis ini menjadi potensi sarana pariwisata dalam mempromosikan buah manggis Purwakarta.

"Kalau berdasarkan perspektif pariwisata, Penyelanggaraan Festival Manggis Purwakarta selain bisa menjadi sarana untuk mempromosikan buah manggis purwakarta, juga bisa menakar potensi wisata" ujar Heri.

Menurutnya, produksi buah manggis Purwakarta bisa menarik para wisatawan untuk budidaya manggis, karena Purwakarta salah satu kabupaten yang memiliki potensi buah manggis yang cukup produktif.

"Melimpahnya produksi buah manggis di wilayah kabupaten purwakarta bisa menjadi magnet untuk menarik wisatawan, potensi wisata dari buah manggis diantaranya bisa menjadi wisata edukasi budidaya manggis, wisata memetik manggis langsung dari kebunnya, banyak potensi wisata yang bisa digali dari melimpahnya produksi manggis di wilayah kabupaten purwakarta, "jelasnya. (MM)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER

ads