Tingkatkan Potensi Manggis, Purwakarta Bakal Gelar 'Manggis Festival'

Purwakarta Manggis Festival
Purwakarta, Jatiluhuronline.com - Buah manggis menjadi salah satu buah primadona di kota Purwakarta, terlebih nilai ekspor buah ini terus meningkat setiap tahunnya, bahkan sudah mendapat sertifikat dari Kementerian Pertanian RI.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Purwakarta Agus Rachman Suherlan mengatakan, buah manggis Purwakarta menjadi buah yang diunggulkan bagi para komunitas buah-buahan karena dinilai memiliki karakteristik yang berbeda dengan buah manggis yang ada di daerah lainnya. 

"Manggis di Purwakarta sudah lama berkembang, potensinya juga cukup tinggi, bahkan nilai ekspor setiap tahunnya terus meningkat," Ujar Agus Suherlan, Kamis (21/3/2019).

Sebagai bentuk apresiasi, pihaknya akan menggelar sebuah event "Manggis Festival" yang akan digelar pada hari Sabtu 23 Maret 2019 bertempat di Gandasoli Desa Babakan, Kecamatan Wanayasa, Purwakarta.

Festival Manggis tersebut, akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti ; bazar produk olahan manggis, makan manggis gratis, edukasi budidaya manggis, musik tradisional dan kegiatan lainnya.

"Itu salah satu alasan kami menggelar Festival Manggis, untuk peningkatan produk dan mendorong potensi manggis di Purwakarta," katanya.

Selain itu, Lanjut Agus, para petani manggis diharapkan dapat meningkatkan potensi manggis yang ada di Purwakarta baik kualitas maupun kuantitas, serta mengetahui situasi akses penjualannya ke pasar, baik itu pasar modern, pasar lokal maupun pasar ekspor.

"Tanah di Purwakarta cocok untuk ditanami buah manggis. Sekarang kita tinggal bagaimana manggis tetap terpelihara dan terjaga kualitasnya, untuk memelihara pangsa pasar kedepannya" ujar Agus.

Diketahui, saat ini luas area perkebunan manggis di Purwakarta mencapai 1.500 hektare, yang tersebar di 5 kecamatan yakni Bojong, Kiarapedes, Darangdan, Wanayasa dan Pondoksalam. (AB)

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER